Perjuangkan Air Jadi Sumber PAD Bangli, Dewan Dukung Bupati Buat Perda Imbal Jasa Lingkungan

Foto: KOMANG CARLES Komang Carles. Foto: gia
96 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Wakil rakyat Bangli nampaknya mendukung penuh upaya Bupati Bangli dalam merancang Perda tentang Imbal Jasa Lingkungan. Terlebih dewan menilai langkah tersebut positif, sebab mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bangli.
‘’Kita memberikan dukungan penuh kepada bupati untuk membentuk regulasi terkait dengan imbal jasa lingkungan tersebut,’’ kata Wakil Ketua DPRD Bangli, I Komang Carles, Rabu (29/7).
Carles memang tidak memungkiri jika turunan regulasi dari PP 46 tahun 2017, merupakan ranah provinsi. Ia juga menilai gubernur semestinya memikirkan Bangli, mengingat Bangli merupakan satu-satunya daerah yang tidak memiliki kawasan pariwisata.
Carles mengaku masih ingat janji Pak Wayan Koster sebelum jadi gubernur akan memikirkan Bangli, karena sumber air datang dari Bangli. ‘’Saya masih ingat kata-kata Pak Wayan Koster saat di rumah jabatan bupati, seperti itu,’’ katanya.
Namun Carles menilai tidak ada salahnya untuk disiapkan terlebih dahulu, sekalipun pihak provinsi belum membuat regulasinya. ‘’Kalau di provinsi belum dibuat, tidak salahnya kita siapkan dulu perangkatnya. Jadi langkah bupati membuat rancangan Perda ini kami apresiasi sekali,’’ jelasnya.
Langkah bupati mengadakan kerjasama dengan Undiksa dalam melakukan kajian teknis juga dinilai sangat bagus. Jadi sudah saatnya, Bangli menggali potensi yang dimiliki untuk peningkatan PAD. “Salah satu potensi yang kita miliki adalah terkait imbal jasa lingkungan ini. Karena Tuhan telah memberikan anugrah kekayaan alam untuk kita kelola. Dan, ini harus kita manfaatkan untuk meningkatkan pendapatan daerah,’’ ungkapnya.
Terkait dengan persiapan regulasi tersebut, Carles menegaskan pihak dewan akan all out. Salah satunya dari segi anggaran. ‘’Soal urusan daerah lain mau menerima atau tidak, itu urusan belakangan. Yang penting kita siapkan regulasi dan kajian teknisnya,’’ ucapnya.
Ia juga menilai sumber PAD imbal jasa lingkungan ini bisa menjadi penopang, tatkala dihadapkan dengan situasi seperti pandemi saat ini. Saat ini, rencana regulasi akan buat, tinggal bagaimana Gubernur Bali menyikapi masalah ini.
‘’Oleh sebab itu kami juga berharap agar OPD lebih aktif dalam mencari sumber-sumber pendapatan lainnya. Kemarin kami juga telah mendorong BKPAD untuk membeli peralatan guna meningkatkan pemasukan dari sektor pajak,” ucap dia. Gia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.