Peringati Hari Juang Kartika, Kodam IX/Udayana Tebar Kasih

Foto : Rombongan sepeda Wakasad dan Pangdam IX/Udayana saat memasuki garis finish bersepeda lintas kabupaten serangkaian Hari Juang Kartika TNI AD di kawasan Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Minggu (15/12).
Foto : Rombongan sepeda Wakasad dan Pangdam IX/Udayana saat memasuki garis finish bersepeda lintas kabupaten serangkaian Hari Juang Kartika TNI AD di kawasan Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Minggu (15/12).
377 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Peringatan Hari Juang Kartika TNI AD di Bali dimeriahkan dengan berbagai acara. Peringatan hari bersejarah nan penting bagi TNI AD itu turut dihadiri Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Ada tiga kegiatan pokok yang digelar dalam puncak peringatan di kawasan Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Minggu (15/12). Ketiganya meliputi bersepeda bersama lintas kabupaten dengan rute sepanjang 72,7 km, bakti sosial dengan pemberian 1.500 bingkisan kepada masyarakat, serta penanaman mangrove sebagai bentuk komitmen Kodam IX/Udayana menjaga keberlangsungan lingkungan Bali. 

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, menjelaskan, dalam peringatan Hari Juang Kartika 2019 yang mengambil tema “TNI AD adalah Kita” pihaknya ingin hadir di tengah-tengah masyarakat dan saling berbagi kasih. “Kita goes bersama 300-an orang, menempuh jarak 72,7 km dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Selama perjalanan, karena serangkaian Hari Juang TNI AD, kami sepanjang jalan menebar kasih sayang. Pemberian kasih sayang kami pada saudara-saudara kita yang selama ini berjasa menjaga Bali yang nyaman dan bersih, yaitu para petugas kebersihan yang setiap hari menyapu jalan,” terangnya.

Dikatakan, sosok-sosok petugas kebersihan layak diberi gelar sebagai Pejuang Pariwisata Bali. Sebab, dalam amatannya selama ini, mereka selalu disiplin bekerja di jalanan sejak pukul 05.30 WITA. Mereka bekerja guna menjamin Bali tetap bersih dan cantik, sehingga sedap dipandang wisatawan lintas negara.

“Di sepanjang jalan kita berikan sekadar apresiasi berupa bingkisan kepada mereka. Kami juluki mereka Pejuang Pariwisata Bali, karena tanpa mereka, Bali sulit pasti akan sulit bersaing di dunia internasional,” ucapnya.

Sementara itu, giat penanaman bakau di kawasan Pantai Mertasari juga dilaksanakan sebagai jawaban dan kepedulian nyata pihaknya terhadap permasalalah lingkungan Bali dan dunia. “Akhir-akhir ini isu lingkungan menjadi isu yang menarik bagi pengembangan wisata Bali. Bali digoyang dengan isu sampahnya, maka melalui gerakan ini kita jawab. Tak usah dengan kata-kata, kita jawab dengan aksi nyata. Kita hijaukan Bali!” serunya sembari berharap pihaknya senantiasa dapat didukung rakyat dan dapat kontribusi positif terbaik untuk kemajuan bangsa.

Di sisi lain, Letjen TNI Tatang Sulaiman, mengaku senang dirinya dapat hadir dalam Peringatan Hari Juang Kartika TNI AD 2019 di Bali. Peringatan yang ditujukan untuk mengenang Pertempuran Ambarawa itu dinyatakan dilaksanakan serantak di seluruh tanah air pada 15 Desember 2019. “Hari ini saya dapat undangan dari Kodam IX/Udayana untuk memeriahkan Hari Juang TNI AD. Saya bawa sekitar 70 (orang) dari Markas Besar Angkatan Darat,” katanya.

Selama bersepeda, orang nomor dua di jajaran TNI AD ini mengaku sangat senang. Rute yang dilalui dipandang sangat menarik dan sangat cocok sebagai rute olahraga wisata. “Selama goes tadi kita berhenti di tiga titik. Di Tohpati kita ketemu dengan Wakil Walikota. Di sana kita berikan bingkisan berupa sembako pada pahlawan kebersihan. Di Gianyar, ketemu bupati juga kita berikan bingkisan sembako pada masayarakat,” ucapnya.

Berangkat dari Peringatan Hari Juang Kartika TNI AD 2019 pihaknya mewanti-wanti agar prajurit TNI AD dapat selalu solid, baik ke dalam maupun ke luar, menunggal bersama rakyat. “Sesama prajurit harus tetap kompak, dengan masyarakat juga harus sinergi. Rakyat adalah bagian daripada perjuangan untuk negara. Prajurit juga harus rajin olehraga, karena hanya prajurit bervisi kuat tidak akan bisa dikalahkan oleh siapapun,” tutupnya. 015

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.