Peringatan Bulan Bahasa Bali, Gianyar Gelar Beragam Lomba

Bulan Bahasa Bali Kabupaten Gianyar Tahun 2021 digelar di Balai Budaya Gianyar, Senin (8/2/2021).
486 Melihat

GIANYAR, posbali.co.id – Pembukaan Bulan Bahasa Bali Kabupaten Gianyar Tahun 2021 dengan tema “Wana Kerthi Sabdaning Taru Mahottama” digelar di Balai Budaya Gianyar, Senin (8/2/2021). Kegiatan dibuka Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, IGA Sri Widyawati. Karena dalam kondisi pandemi Covid-19, jadwal kegiatan Bulan Bahasa Bali mesti direvisi dan disederhanakan tanpa mengurangi esensinya.

Widyawati mengatakan, acara Bulan Bahasa Bali ini bertujuan melestarikan dan meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. Sebab, zaman sekarang banyak masyarakat mulai abai dan melupakan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali.

Dia menguraikan, berbagai lomba diadakan untuk memperingati Bulan Bahasa Bali ini. Antara lain lomba Nyatua Bali yang diikuti ibu-ibu PKK, Lomba Baligrafi yaitu lomba menggambar huruf/aksara Bali yang diikuti pelajar SMA/SMK, lomba nyurat Aksara Bali yang diikuti anak-anak tingkat SD, lomba mengetik Aksara Bali di komputer diikuti oleh siswa SMP, lomba ngewacen Aksara Bali diikuti anak usia daha teruna (remaja) dan lomba pidato untuk bendesa adat. “Untuk lomba debat Bahasa Bali, kami menunjuk langsung siswa SMAN 1 Gianyar mewakili Kabupaten Gianyar pada lomba tingkat Provinsi,” ujarnya.

Setiap peserta lomba di tingkat kabupaten ini, ulasnya, merupakan perwakilan juara dari setiap kecamatan yang sebelumnya diseleksi di tingkat desa dan kecamatan pada minggu pertama Februari. Perlombaan dilaksanakan dari tanggal 8-9 Februari. Dewan juri dari Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Gianyar dan unsur Widya Sabha.

Para juara Lomba Bulan Bahasa Bali Kabupaten Gianyar akan menjadi duta Kabupaten Gianyar mengikuti Lomba Bulan Bahasa Bali Tingkat Provinsi Bali mulai 17 Februari mendatang. “Kami berharap acara ini tetap berlanjut, agar aksara dan sastra Bali tetap eksis dan berkembang di masyarakat. Khususnya untuk memotivasi anak-anak, baik di Bali, nasional dan internasional,” ucapnya.

Salah seorang peserta lomba, I Putu Adi Purna Wirawan, pelajar SMK PGRI 1 Gianyar, yang mengikuti lomba Baligrafi berujar belum begitu siap mengikuti lomba. Alasannya, waktu yang singkat dan baru kali pertama mengikuti lomba tersebut. Wirawan berharap dia bisa meningkatkan keahlian menggambar dan bisa memahami apa Baligrafi tersebut. adi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.