Perbekel Seluruh Tejakula Lakukan Ini, Cegah Penyebaran Transmisi Lokal

RAPAT bersama seluruh perbekel dan klian desa adat se-Kecamatan Tejakula menyikapi kasus Covid-19 di Desa Bondalem melalui transmisi lokal. Foto: rik
520 Melihat

BULELENG, posbali.co.id – Mencegah terjadinya penambahan kasus baru Covid-19 atau Corona di Buleleng, khususnya di Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bulelengmengimbau seluruh perbekel di Kecamatan Tejakula memperketat pintu masuk desa masing-masing. Langkah ini menimbang adanya kasus transmisi lokal di Desa Bondalem. Imbauan disampaikan Ketua Gugus Tugas, Putu Agus Suradnyana, saat memimpin rapat bersama seluruh perbekel dan klian desa se-Kecamatan Tejakula, Jumat (1/5) di kantor Bupati Buleleng.

Suradnyana minta sementara waktu seluruh perbekel memantau dan membatasi ativitas masyarakat di lingkungan desanya. Masyarakat pun harus memahami kondisi pandemi ini. Dengan demikian, tegasnya, dua minggu ke depan masyarakat diimbau secara sadar mengurangi aktivitas keluar masuk antar-desa jika tidak terlalu penting.

“Bagi masyarakat yang ingin melakukan aktivitas ekonomi seperti mencari ikan dan berjualan di luar desanya, untuk sementara berdiam diri dan lakukan aktivitas ekonomi di seputaran desa saja. Semua harus disiplin menghadapi pandemi ini agar perekonomian tetap berjalan meski sedikit terhambat,” kata Bupati Buleleng tersebut.

Sejauh ini, jelasnya, Pemkab Buleleng telah melakukan persiapan atas kemungkinan adanya penambahan kasus positif Corona khusus di Bondalem. Ketersediaan kebutuhan pokok seperti beras, telur dan mi instan akan disiapkan jika nanti ada kebijakan khusus yang ditetapkan oleh Gugus Tugas. Dengan begitu, kebutuhan pokok masyarakat bisa tetap terpenuhi.

Meski begitu Suradnyana mengaku sekarang masih menunggu hasil tes swab (lendir) 46 pedagang pasar di Bondalem yang saat menjalani rapid test (tes cepat) hasilnya reaktif. Jika nanti hasil tes swab positif, sambungnya, segera diambil tindakan preventif berupa pembatasan aktivitas masyarakat selama dua minggu. Dia juga mengarahkan beberapa dinas yang bertugas untuk melakukan terus melakukan disinfeksi. “Untuk beberapa desa yang belum terdapat indikasi penyebaran Covid-19, agar waspada dan sosialisasikan selalu PHBS,” pesannya. 018

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.