Perayaan Hari Raya Galungan, Bupati Ingatkan Jaga Jarak Fisik dan Sosial

Bupati Giri Prasta memimpin pelaksanaan sidak warga yang tidak memakai masker,
Bupati Giri Prasta memimpin pelaksanaan sidak warga yang tidak memakai masker,
95 Melihat

MANGUPURA, POS BALI – Melonjaknya kasus Covid-19 di Bali, membuat Bupati Badung Nyoman Giri Prasta rutin turun ke lapangan, mengingatkan warganya untuk senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan. Menjelang hari Raya Galungan dan Kuningan ini, Giri Prasta juga mewanti-wanti masyarakatnya agar disiplin menjaga jarak fisik dan jarak sosial.

Hal itu demi mencegah potensi terjadinya klaster baru jelang hari raya. “Ketika ada hari raya dan pujawali itu kan sudah ada standar protokolnya, ini harus senantiasa disiplin diterapkan. Kami tidak akan pernah mengurangi esensi, namun pelaksanaannya ini yang dilakukan pengaturan pengayahnya (orang yang terlibat),” kata Giri Prasta di sela-sela memimpin sidak protokol kesehatan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat di kawasan Kuta, Sabtu (12/9) malam.

Pihaknya berharap masyarakat harus makin sadar akan situasi yang ada saat ini. Sebab pandemi Covid-19 ini dari waktu waktu selalu ada tambahan pasien yang positif. “Setiap kegiatan di wilayah kabupaten Badung, baik itu di desa adat, desa dinas dan kelurahan, itu tetap berkoordinasi. Kami harus mengurangi potensi kerumunan dan tetap mengedepankan physical maupun sosial distancing. Itu paling utama yang dilakukan,”ungkapnya.

Disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik dan harus senantiasa diterapkan dalam berbagai ritual yang sudah menjadi tradisi. Seperti halnya tradisi mekotek yang dilaksanakan saat Galungan di Badung Utara. Dimana tradisi tersebut tetap dilaksanakan, sebab hal itu menyangkut dresta yang tidak boleh dihilangkan. Namun mesti mengurangi jumlah peserta. “Kita tidak boleh mengurangi makna, namun harus ada pembatasan agar tidak berbanyak. Jadi tetap akan ada pembatasan untuk mengurangi kerumunan,”tegasnya.

Dalam sidak itu turut mendapampingi Bupati I Nyoman Giri Prasta yakni Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, Dandim 1611/Badung Kolonel Inf. I Made Alit Yudana, Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, Satpol PP dan pecalang, “Ini wujud negara hadir ditengah masyarakat. Kami menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Badung yang sudah taat dalam mematuhi protokol kesehatan,”ujarnya 023

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.