Perangkat Desa Diminta Proaktif Mendata Warga Penerima BLT

Bupati Suwirta memantau penyerahan BLT APBD Klungkung tahap I di Kecamatan Banjarangkan, Minggu (16/8).
214 Melihat

KLUNGKUNG, posbali.co.id – Perangkat desa di Kabupaten Klungkung diminta harus proaktif mendata calon warga penerima bantuan langsung tunai (BLT). Upaya ini dilakukan untuk mencegah terulang kembali adanya BLT yang diterima oleh pihak yang tidak tepat dan tidak terjadi tumpang tindih di kalangan masyarakat.

Demikian ditegaskan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, di sela-sela penyerahan BLT APBD Klungkung tahap I di Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Minggu (16/8) pagi.

Bupati berharap agar bantuan ini bisa digunakan dengan baik dan bisa memberikan manfaat untuk meringankan beban di dalam keluarga. Kata dia, bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Klungkung terhadap warga yang kurang mampu di tengah situasi menghadapi pendemi Covid-19. “Pergunakan bantuan ini dengan baik, jangan sampai digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat,” harap Bupati Suwirta kepada para penerima BLT.

Suwirta mengingatkan agar perangkat desa bisa mengawal dan mengawasi penyaluran bantuan ini dengan maksimal. Jangan sampai ada warga yang memisahkan KK hanya ingin mendapatkan bantuan. Selain itu, Bupati juga tetap mewanti-wanti perangkat desa untuk lebih berhati-hati dalam melakukan pendataan dan menentukan calon penerima bantuan agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. “Bantuan BLT dari APBD Klungkung ini harus benar-benar tepat sasaran, jangan sampai yang berhak malah tidak mendapatkan,” tegasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Sosial P3A Klungkung, I Wayan Sumarta, melaporkan penyaluran bantuan ini dilakukan dalam tiga tahap selama tiga bulan ke depan dengan nilai Rp600 ribu per penerima setiap bulannya. Jumlah BLT yang disalurkan kali ini masing-masing desa di Kecamatan Banjarangkan antar lain di Desa Banjarangkan sebanyak 185 penerima, Desa Bakas sebanyak 23 penerima, Desa Nyalian sebanyak 347 penerima, dan Desa Bungbungan sebanyak 95 penerima. “Sehingga total keseluruhan penerima sebanyak 650 dengan jumlah dana sebesar Rp390.000.000,” sebutnya saat didampingi Camat Banjarangkan, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya. 022

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.