Peranan Perempuan Dalam Perjuangan Rakyat Bali

Foto: Sarasehan Peranan Perempuan Dalam Perjuangan Rakyat Bali yang berlangsung di Ruang Rapat UPTD MPRB
112 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Tanah Air dan juga mengedukasi masyarakat bahwa di Bali ada juga sosok pejuang perempuan, UPTD Monumen Perjuangan Rakyat Bali (MPRB) menggelar sarasehan bertajuk ‘Peranan Perempuan Dalam Perjuangan Rakyat Bali’, Rabu (30/6).

Kepala UPTD MPRB, I Made Artana Yasa mengatakan, MPRB memiliki diorama yang menggambarkan tentang semangat perjuangan rakyat Bali dari masa ke masa.

“Spirit inilah yang kami angkat dalam sarasehan, yaitu peran perempuan dalam perjuangan rakyat Bali,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, hasil sarasehan ini utamanya bagi kaum perempuan mampu menjadi motivasi untuk berjuang di segala bidang. Baik itu ekonomi, ekonomi, hingga pertahanan.

“Kita harus berbangga terhadap kaum perempuan Bali yang telah mampu menduduki posisi-posisi yang strategis. Kedepannya dengan keterampilan yang dimiliki juga diharapkan mampu mengimbangi posisi kaum laki-laki,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala Seksi Informasi Masyarakat UPTD MPRB, Dewi Ardhiyanti mengatakan, sarasehan ini juga bertujuan agar perempuan di Bali saling menyayangi dan menguatkan, sehingga mampu menjadi perempuan yang luwih, perempuan yang bisa berkiprah di segala sisi.

“Kami juga melibatkan anak-anak muda dan juga pramuka dalam sarasehan ini. Itu untuk menumbuhkan generasi muda yang cinta tanah air, museum, dan juga kebudayaan. Mereka tidak harus bergantung budaya luar, akan tetapi kembali kepada jati diri kita, cinta budaya Indonesia, khususnya budaya Bali,” harapnya.

Dalam sarasehan yang diikuti awak media baik cetak maupun elektronik yang berlangsung di Ruang Rapat UPTD MPRB tersebut, dimoderatori Dr. IGA Diah Yuniti, SE., M.Si.,. dan menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Drs. I Gusti Ngurah Seramasara, M.Si., dan Dr. Ir. Luh Riniti Rahayu. alt

2 Comments

  1. Good tingkatkan sarasehan seperti ini, agar generasi muda bisa menjaga budaya serta menghargai sesama wanita

  2. Good tingkatkan program seperti ini agar kita sebagai generasi muda lebih mencintai budaya bali dan bisa menghargai sesama wanita bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.