Peran Perempuan Bali di Tengah Pandemi

Foto: Ketua KPP Bali, Diah Srikandi saat menjalani pengukuran tensi jelang melakukan donor darah.
203 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Perempuan Bali adalah perempuan yang sangat tangguh. Tidak hanya mengurusi rumah tangga saja, perempuan Bali juga berperan aktif sebagai pelaku pelestarian adat, seni dan budaya. Bahkan, beberapa diantaranya juga menjadi tulang punggung keluarga.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Provinsi Bali periode 2020-2024 yang baru dilantik di Wantilan DPRD Provinsi Bali, Sabtu (29/5).

Menuruntya, kendatipun kesibukan yang cukup padat, perempuan Bali tidak serta merta mengabaikan tugas-tugasnya, yaitu sebagai ibu rumah tangga, dan mendidik buah hati mereka. Apalagi di tengah pandemi, mereka memiliki peran penting.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, perempuan Bali juga harus pintar mengatur keuangan rumah tangga yang menipis karena perekonomian yang sedang anjlok. Selain itu, kesibukan mereka juga bertambah, yaitu menjadi pendamping anak-anak mereka dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. Pandemi menyebabkan pembelajaran secara tatap muka tidak diperbolehkan untuk sementara waktu,” beber Diah Srikandi.

Sementara terkait program kerja yang akan dilakukan setelah dilantik menjadi Ketua KPP Bali, Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali ini bakal mempersiapkan pembentukan dan pelantikan kepengurusan KPP di sembilan kabupaten/kota se-Bali.

“Terlebih dahulu kami akan melakukan rapat koordinasi, kemudian hasil rapat itu kami buat surat yang ditujukan kepada sembilan kabupaten/kota tentang kapan jadwalnya. Pelantikan akan dilakukan secara kolektif oleh kami KPP Provinsi Bali,” ungkapnya.

Dijelaskan, seusai pelantikan di sembilan kabupaten/kota tersebut, KKP akan merancang program aksi sosial kemasyarakatan. Karena Bali masih dilanda pandemi Covid-19.

“KPP juga akan menyikapi isu-isu perempuan yang akan kami perjuangkan di parlemen provinsi, khususnya dalam hal anggarannya. Kami juga akan mendorong Perda tentang kesetaraan gender,” jelas Srikandi PDI Perjuangan Dapil Jembrana ini.

Dalam pelantikan itu, juga diisi dengan kegiatan sosial donor darah bekerjasama dengan PMI Provinsi Bali. Setidaknya 50 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam kegiatan itu. Bahkan, Diah Srikandi juga ikut serta menyumbangkan darahnya.

Sebagai bentuk apresiasi dari KPP Bali, peserta donor juga diberikan sembako berupa beras dan telur. Dan untuk mempertegas kerjasama yang telah berjalan dengan baik, KPP juga melakukan penandatangan MoU dengan PMI Provinsi Bali.

“Kami akan terus bersinergi dengan PMI Bali untuk membantu ketersediaan stok darah di masa pandemi yang menipis. Dan ke depan, kami juga akan melakukan donor plasma. Mudah-mudahan apa yang menjadi tugas mulia ini dapat dilanjutkan dengan sebaik-baiknya, terutama dengan kawan-kawan di KPP ini,” tandasnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.