Penuhi Kebutuhan Oksigen, Korem Wira Satya Hibahkan 10 Unit Oksigen Konsentrator

Foto: Danrem Wira Satya saat menghibahkan oksigen konsentrator ke Kakesdam IX/Udayana
104 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Bali masih membutuhkan oksigen untuk membantu pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. Menyikapi hal itu, Korem 163/Wira Satya menghibahkan 10 unit oksigen konsentrator kepihak Kesehatan Kodam IX/Udayana.

Penyerahan bantuan dari Sekretaris Negara (Sekneg) itu dilakukan Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf kepada Kakesdam IX/Udayana di Lobi Makorem, Denpasar, Selasa (3/8) sore.

“Astungkara, Kodam IX/Udayana mendapatkan hibah 10 oksigen konsentrator. Ini tidak perlu isi ulang. Tinggal colok ke listrik dan langsung bisa digunakan. Nah 10 alat konsentrator saya serahkan ke Kesdam,” ungkap Huesein Sagaf.

Dikatakan, alat oksigen konsentrator itu diserahkan ke rumah sakit milik TNI yang ada di Buleleng, kemudian di Rindam Tabanan, dan di RS NTT maupun NTB, termasuk Puskesmas yang sangat membutuhkan. “Diserahkan kepada rumah sakit yang belum punya alat ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kakesdam IX/Udayana, Kolonel Ckm dr I Made Mardika menyampaikan bahwa alat ini sangat bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan asupan oksigen.

“Ini sangat bermanfaat untuk rumah sakit yang selama ini selalu kekurangan oksigen karena kebutuhannya meningkat akibat naiknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang membutuhkan asupan oksigen,” ungkapnya.

Dikatakan, untuk memenuhi kebutuhan, terpaksa dilakukan pengalihan oksigen yang seharusnya untuk pasien yang menjalani operasi, asma dan lain sebagainya, dialihkan sementara untuk pasien Covid-19.

“Jadi kebutuhan oksigen meningkat, sehingga bantuan alat ini sangat dibutuhkan,” ujarnya seraya menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut.

Dia menambahkan, alat oksigen konsentrator jenis ini langka ada di pasaran. Kendati ada, lanjut dia harganya cukup mahal. “Dulu alat seperti ini harganya Rp7 juta, tapi sekarang mencapai Rp30 juta lebih,” tandasnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.