Pengujung Berkerumun dan Abaikan Prokes, Dua Kafe Ditertibkan 

Sat Pol PP Kota Denpasar saat penertiban Cafe yang mengabaikan protokol kesehatan
289 Melihat

DENPASAR, POS BALI- Sat Pol PP Kota Denpasar melakukan penertiban dua cafe masing-masing di Jalan Tukad Unda dan Cafe Jalan Badak I, Sabtu (28/11/2020) malam.

Penertiban dilakukan karena pengunjung yang ramai di cafe tersebut menimbulkan kerumunan dan mengabaikan protokol kesehatan (Prokes) dengan tidak menjaga jarak.

Kasat Pol PP Kota Denpasar I Dewa Gede Anom Suyoga menjelaskan, penertiban ini sebagai bentuk penegakan hukum sesuai Pergub No 46 tahun 2020 dan Perwali No 48 tahun 2020 tentang penerapan Protokol Kesehatan.

“Sehingga upaya untuk menekan penyebaran dan mengendalikan kasus Covid-19 dapat dioptimalkan,” kata Suyoga.

Ia menegaskan, pihaknya tidak melarang masyarakat beraktifitas, termasuk kegiatan ekonomi, namun harus disiplin menerapkan prokes.

“Pada intinya kami tidak melarang masyarakat untuk beraktifitas, termasuk berusaha dan berdagang, namun protokol kesehatan wajib diterapkan sebagai upaya menciptakan masyarakat produktif dan aman Covid-19,” tegas Suyoga.

“Jadi penertiban hari ini adalah untuk mendukung disiplin penerapan protokol kesehatan di masyarakat,” lanjut dia.

Ia kembali menegaskan bahwa penertiban cafe ini bukan untuk mencari kesalahan masyarakat. “Melainkan semata-mata untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemantauan dan pengawasan yang dikemas dengan monitoring dan evaluasi akan terus dilakukan, sehingga penerapan protokol kesehatan di masyarakat dilaksanakan dengan baik.

“Jadi jangan sampai karena kita abai justru timbul kluster baru. Karenanya kami akan rutin melaksanakan pemantauan,” katanya.

“Dan bagi pemilik usaha juga kami imbau untuk mengatur dan menerapkan protokol kesehatan di tempat usaha, sehingga dalam pelaksanaannya mampu mendukung pencegahan penularan Covid-19,” pungkas Suyoga. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.