Penegakan Prokes di Pasar untuk Kebaikan Bersama, Kasat Pol PP : Jaga Jarak dan Selalu Pakai Masker 

Operasi penegakan dan disiplin prokes di Pasar Tumpah Denpasar
Operasi penegakan dan disiplin prokes di Pasar Tumpah Denpasar
140 Melihat

DENPASAR, POS BALI – Satuan Polisi Pamong Praja Kota Denpasar bersama Satgas Covid-19 nggencarkan operasi penegakan dan pendisiplinan protokol kesehatan masyarakat. Penegakan disiplin prokes antara lain, mengajak masyarakat yang datang ke pasar selalu memakai masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan. Bila selesai berbelanja segera pulang ke rumah.

Kali ini, operasi pelaksanaanya digelar menyasar beberapa Pasar Tumpah Jalan Gunung Kawi dan Pasar Tumpah Jalan Kartini Kota Denpasar pada Minggu (29/8) pagi. Dari giat tersebut, sejumlah orang diganjar pembinaan lantaran tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik seperti tidak memakai masker, atau tidak memakai masker dengan benar.

“Jadi untuk kebaikan bersama mari disiplin menerapkan protokol kesehatan saat bepergian dan bertemu dengan orang dengan orang lain, terlebih saat berada di pasar. Kami selalu mengingatkan para penjual dan pembeli agar selalu pakai masker. Jangan berkerumun di pasar,” kata Kasat Pol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga.

Ia menjelaskan, kegiatan penegakan hukum (Yustisi) dan pendisipinan ini dilaksanakan dengan mengecek protokol kesehatan masyarakat memakai masker, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak dalam setiap aktivitas di pasar.

Dengan penegakan dan pendisiplinan Prokes sehingga upaya mencegah penularan Covid-19 dapat dioptimalkan di masa panerapan PPKM Darurat Level 4 ini. “Jadi dengan melaksanakan razia ini diharapkan masyarakat semakin meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan penindakan ini tidak semata mengenakan denda, melainkan memberikan efek jera dan edukasi sehingga masyarakat dapat tergugah kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

Pihaknya menekankan bahwa dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19 ini diperlukan kerjasama seluruh stakeholder, utamanya masyarakat. Hal ini lantaran masyarakat merupakan garda terdapan dalam pencegahan penularan Covid-19. “Jadi masyarakatlah yang menjadi garda terdepan, dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan adalah kunci utama, tetap produktif, tapi protokol kesehatan wajib,” ujarnya.

Pun demikian, kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker sudah mulai meningkat. Namun demikian masih ditemukan pelanggaran di lapangan 003

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.