Pemkab Diharap Kembangkan Objek Pengelukatan Tirta Suranadi

Wabup Kasta mengunjungi objek wisata spiritual penglukatan Tirta Suranadi di Desa Manduang, Kecamatan Klungkung, Jumat (3/9/2021).
236 Melihat

KLUNGKUNG, posbali.co.id – Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta; mendorong Perbekel Desa Manduang, Rai Adi Susanta, untuk segera membuatkan Perdes sebagai acuan pengelolaan objek wisata di desa. Hal itu diungkapkannya saat mengunjungi objek wisata spiritual Penglukatan Tirta Suranadi di Desa Manduang, Kecamatan Klungkung, Jumat (3/9/2021). Peninjauan itu sebagai upaya penataan dan pengembangan objek wisata, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Klungkung.

Objek wisata Penglukatan Tirta Suranadi juga dilengkapi sebuah kolam cukup luas dengan kedalaman 120 cm. Kolam ini mampu menampung air yang keluar dari sumbernya, dan berfungsi sebagai tempat pemandian umum serta untuk berenang pengunjung. Di bawah kolam juga terdapat aliran Sungai Kunyid yang memiliki panorama yang indah.

“Tempatnya teduh dan gampang diakses dari jalan utama, tinggal penataan di areal sekitar kolam dan penambahan beberapa fasilitas penunjang agar pengunjung dan pamedek lebih nyaman,” ujar Kasta, seraya mengingatkan semua pihak menjaga kebersihan objek wisata ini. Misalnya jangan sampai sampah plastik bekas bungkus sabun dan makanan ringan berserakan, yang akan menghadirkan kesan kotor dan tidak terawat.

Perbekel Rai Adi Susanta menjelaskan, Pura Tirta Suranadi di wilayah Klungkung ini sudah ada sejak lama. Namun, penataan tempat penglukatan (pembersihan secara spiritual) dan kolam baru dilakukan setahun lalu. Sumber air penglukatan, ucapnya, berasal dari mata air di dalam Pura Tirta Suranadi. Selain pancoran dari mata air Pura Tirta Suranadi, terdapat pula pancoran Tirta Muncrat yang sumber airnya berjarak sekitar 150 meter dan melalui jalan setapak.

Lebih lanjut diungkapkan, tempat pemandian ini dibuka untuk umum dan belum dikenakan retribusi. Namun, pihak desa telah menempatkan sebuah kotak punia untuk pengunjung dan pamedek yang ingin menyumbang secara sukarela. “Kami berharap pemerintah daerah membantu dalam mengembangkan objek wisata ini, sehingga akan lebih baik dan memberikan rasa nyaman bagi pengunjung yang datang,” pintanya. 022

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.