Pemerintah Desa Kesiman Kertalangu Data Duktang Sekaligus Sosialisasi Prokes

Perbekel Made Suena (kanan) saat kegiatan pendataan duktang di Desa Kesiman Kertalangu, Kota Denpasar, Selasa (12/10/2021) malam.
170 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Mengantisipasi penyebaran Covid-19 terus gencar dilakukan di Kota Denpasar. Tidak hanya yang menyangkut disiplin penerapan protokol kesehatan (prokes), tapi juga aspek lainnya yakni pendataan penduduk nonpermanent atau penduduk pendatang (duktang). Seperti yang dilakukan Desa Kesiman Kertalangu Selasa (12/10/2021) malam, melaksanakan kegiatan pendataan duktang.

Perbekel Desa Kesiman Kertalangu, I Made Suena, mengatakan pendataan penduduk bertujuan untuk menciptakan tertib administrasi kependudukan dan keamanan wilayah. Menurutnya di tengah pandemi Covid- 19, pendataan penduduk nonpermanen menjadi perhatian terkait dengan pergerakan penduduk dari luar daerah sangat tinggi. “Walaupun saat ini kasus terindikasi menurun, tapi harus tetap waspada dan tetap menaati protokol kesehatan yang ketat,” tegasnya.

Dari pendataan itu, terjaring sebanyak 160 orang penduduk nonpermanen di Desa Kesiman Kertalangu, yang di antaranya sebanyak 106 orang laki-laki dan sebanyak 54 orang perempuan. Dalam kesempatan tersebut, tim langsung memberikan pembinaan bahwa bagi duktang wajib melaporkan diri untuk tertib administrasi. Sehingga ketika terjadi sesuatu hal, pihak desa bisa melakukan penanganan yang cepat dan tepat.

Dalam upaya pencegahan penularan Covid-19, Perbekel Kesiman Kertalangu bersama jajaran memberikan sosialisasi agar masyarakat taat mengikuti prokes yakni selalu menggunakan masker, sering cuci tangan, jaga jarak, tidak membuat kegiatan yang menciptakan kerumunan. “Intinya bagaimana dalam adaptasi kebiasaan baru ini masyarakat bisa produktif sekaligus aman dari Covid-19,” pungkas Suena. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.