Pelaku Pariwisata Diminta Patuhi SE Gub 2021/2020

Cok Raka Darmawan
Cok Raka Darmawan
209 Melihat

MANGUPURA, POS BALI – Pasca diberlakukan Surat Edaran Gubernur Bali No 2021 tahun 2020, Dinas Pariwisata Badung segera berkoordinasi dengan pengelola daya tarik wisata, dan semua pemangku kepentingan untuk sosialisasi SE tersebut. Kepada semua pemangku kepentingan diminta mematuhi dan mentaati aturan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Plt Kadis Pariwisata Badung, Cokorda Raka Darmawan saat menghadiri acara Gathering Kepariwisataan Implementasi Protokol Kesehatan CHSE menuju pariwisata kabupaten Badung yang berkualitas di kecamatan Kuta Utara, Selasa (15/12).

Menurut Asisten I Setda Badung ini, lahirnya SE Gubernur intinya mempersiapkan kedatangan wisatawan pada saat perayaan Natal dan Tahun baru. Surat tersebut berlaku dari tanggal 18 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021. Semua pihak diajak menyadari lahirnya SE tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam menjaga agar pertumbuhan dan perkembangan Covid jangan sampai meningkat di Bali.

“Kenapa pemerintah melakukan pembatasan pada saat natal dan tahun baru, itu demi menjaga agar jangan sampai terjadi kerumunan yang memicu klaster baru penyebaran Covid-19. Jika itu terjadi, maka akan sangat bebahaya bagi pariwisata bali. Jadi kami harap hal ini bisa diikuti dengan baik dan dimaklumi, karena ini tujuannya sangat baik. Selama pandemi Covid-19 belum berakhir, kita harus tetap waspada dan disiplin mengikuti protokol kesehatan yang ada,”terangnya.

Dalam gathering tersebut memang ada kekhawatiran pelaku usaha terkait persyaratan swab bagi pelaku perjalanan wisata, yang berpotensi menurunkan tingkat kunjungan wisata ke Bali di akhir tahun. Namun perlu disadari tujuan utama lahirnya SE Gubernur demi menjaga kondusivitas Bali.

Selain persyaratan, dalam SE juga mengatur pembatasan perayaan saat moment pergantian tahun nanti. “Jadi harus benar dibatasi jumlah orang dalam suatu acara, kapasitas ruangan harus diatur dan pelaksanaan prokes harus dilaksanakan secara disiplin. Sekarang pun perlakuannya sama seperti itu,”ujarnya  023/poll

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.