Peduli Korban Gempa di Karangasem-Bangli, KPP dan KPPI Bali Sinergi Ulurkan Bantuan

Peduli Korban Gempa di Karangasem-Bangli, KPP dan KPPI Bali Sinergi Ulurkan Bantuan
181 Melihat

KARANGASEM, posbali.co.id – Gempabumi dengan magnitudo 4.8 yang mengguncang Bali pada Sabtu (16/10) pukul 04.18 WITA, tidak hanya menimbulkan kerusakan bangunan tetapi juga mengakibatkan 3 orang meninggal dunia serta 7 lainnya mengalami luka berat.

Selain itu, gempabumi yang berpusat di 8.32 LS dan 115.45 BT pada kedalaman 10 kilometer tersebut juga memicu terjadinya longsoran (landslide) dan reruntuhan batu (rockfall) di wilayah Kabupaten Bangli.

Bencana alam itu mengetuk berbagai komponen masyarakat untuk berbagi dalam upaya sekadar meringankan beban masyarakat.

Sepertinya halnya yang dilakukan Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) se-Bali dan Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Bali bersinergi memberikan bantuan untuk korban gempabumi di Bangli dan Karangasem pada Selasa, 19 Oktober 2021.

Ketua KPP Provinsi Bali, I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedasteraputri Suyasa yang tampak turun langsung bersama pengurus KPP ke beberapa lokasi bencana.

Lanjutnya, kondisi yang terparah itu ada di Rendang. Untuk itu KPP menyalurkan bantuan di Posko Kedisan dan juga mengecek dapur umum, sedangkan untuk bantuan ke Posko Kubu diwakilkan Pengurus KPP Karangasem.

“Untukdi Rendang, kondisi warga terdampak sangat parah, sehingga kami membagikan sembak,” kata Srikandi PDI Perjuangan dapil Jembrana ini. Dia menambahkan, penyerahan bantuan ini disaksikan kepala dusun.

Terkait bantuan di Posko Kedisan, lanjut Diah Srikandi, KPP dan KPPI Bali menyerahkan bantuan berupa telor, sayur mayur, mie keriting, air mineral, minyak, baju layak pakai, hingga alat-alat masak. Seperti kompor dan gas.

“Kebutuhan ini merupakan hasil kordinasi KPP Bangli di lapangan, untuk sayur-sayuran kita beli di warga-warga di Kintamani. Sementara untuk ke Posko Kubu, direncanakan tanggal 21 Oktober diwakili KPP asal Karangasem. Rencananya akan menyerahkan bantuan tandon air dan telor,” sebutanya.

Dalam kesempatan itu, Diah Srikandi secara khusus mengapresiasi inisiatif para anggota Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) dan Perempuan Politik Indonesia (KPPI) yang spontanitas langsung bergerak untuk mengumpulkan donasi. “Kegiatan baksos ini saya yang mengkoordinir bersinergi dengan KPPI Bali,” ujarnya.

Dia menegaskan kegiatan sosial ini selain sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban gempa, juga untuk mempersatukan perempuan-perempuan yang bergerak di organisasi politik seperti di KPP dan KPPI. “Astungkara kami akan bersinergi ke depan terkait dengan giat-giat lainnya,” tandasnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.