PDP Asal Jembrana Meninggal, Hasil Swab Negatif Covid-19

dr I Gusti Agung Putu Arisantha
225 Melihat

JEMBRANA, posbali.co.id – Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kabupaten Jembrana meninggal dunia pada Rabu (3/6) lalu. PDP yang dinyatakan meninggal tersebut sempat dilakukan tes swab di RSUP Sanglah, Denpasar. Hasilnya pun telah keluar, pasien tersebut dinyatakan negatif Covid-19.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Minggu (7/6) mengatakan, warga yang tercatat sebagai PDP yang meninggal itu berjenis kelamin wanita berusia  56 tahun, asal  Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo. Sebelumnya, pasien itu pernah datang ke UGD RS Bali Med karena kesadarannya menurun akhirnya langsung dirujuk ke RSU Negara untuk menjalani perawatan.

“Pasien ini sempat dirawat selama tiga hari di RSU Negara. Karena kondisi pasien itu tetap menurun, manajemen RSU Negara akhirnya memutuskan untuk melakukan rujukan ke RSUP Sanglah tanggal 2 Juni 2020, sampai akhirnya pasien itu dinyatakan meninggal di Sanglah tanggal 3 Juni 2020,” ungkapnya.

Dari penanganan yang dilakukan, pasien tersebut meninggal didiagnosa menderita ensefalopati hepatik (penyakit hati akut dan kronis) yang berefek pada gangguan kesadaran. Selain itu, pasien juga memiliki infeksi saluran kencing dan terdeteksi gagal jantung. “Beberapa penyakit itulah menimbulkan komplikasi sehingga kesadaran pasien menurun dan akhirnya dinyatakan meninggal dunia,” jelas dr I Gusti Agung Putu Arisantha.

Ditanya terkait dengan pasien tersebut tercatat sebagai PDP meskipun hasil swabnya negatif, dikatakan pasien tersebut memiliki gejala klinis dan sebelumnya mengalami sesak napas. Selain itu, karena Jembrana juga masih tergolong wilayah terjangkit dengan adanya satu kasus transmisi lokal dari seorang pasien asal Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara.

“Jadi, dengan berbagai pertimbangan itu, baik Gugus Tugas Jembrana maupun Provinsi mencatatkan pasien itu sebagai PDP. Walaupun dari hasil rapid test dan tes swab yang dilakukan di RSUP Sanglah hasilnya negatif Covid-19,” jelasya.

Secara kumulatif, update Covid-19 di Jembrana, pasien positif tercatat berjumlah 19 orang. Sebanyak 13 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan enam masih dalam perawatan di RSU Negara. Sedangkan untuk PDP berjumlah 30 orang, di mana 29 di antaranya dinyatakan sembuh dan satu PDP meninggal dunia. 024

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.