Patroli Gabungan Pantau Kerumunan Selama Nataru

Patroli Gabungan Satgas Enforce Kerumunan yang merupakan tim bentukan Kodim 1619/Tabanan, saat melaksanakan pemantauan penerapan prokes.
174 Melihat

TABANAN, posbali.co.id – Patroli Gabungan Satgas Enforce (penegakan aturan) Kerumunan yang terdiri atas anggota Kodim 1619/Tabanan bersama Gudmurah Paldam IX/Udayana, Polres Tabanan, Satpol PP Tabanan, dan pecalang, melaksanakan penerapan disiplin dan gakkum protokol kesehatan (prokes). Kegiatan tersebut juga bagian dari upaya menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tabanan.

Tim tersebut pun terus bergerak selama pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Penerapannya pun sesuai Pergub Bali No. 46 Tahun 2020 dan Perbup Tabanan No. 44 Tahun 2020.

Sasaran kegiatan tersebut, di antaranya menyebar di Kecamatan Baturiti, dengan menyasar DTW Ulun Danu Beratan dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Selanjutnya ke DTW Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri. Pada malam hari, menyasar ke Pasar Senggol Kediri, dan di sepanjang Jalan Bypass Kediri-Tabanan.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto, Minggu (27/12/2020), mengatakan, kegiatan Satgas Enforce Kerumunan adalah menyampaikan imbauan secara terus-menerus terkait prokes, dan menegur langsung, menindak pelanggar yang kedapatan tidak menaati aturan tentang penerapan disiplin, serta penegakkan hukum prokes pada masa adaptasi kebiasaan baru.

“Satgas ini sudah bergerak mulai 24 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021 mendatang, dengan secara terus-menerus menegakkan peraturan terkait protokol kesehatan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat meningkatkan disiplin protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru, terutama pada masa liburan Nataru, sesuai dengan surat edaran Gubernur Bali nomor 2021,” ujarnya.

Satgas ini dikatakan selalu memantau kegiatan masyarakat selama 24 jam, dan melaksankan patroli gabungan dengan melibatkan TNI-Polri, Satpol PP Tabanan, juga pecalang adat. Sasaran pantauan adalah kerumunan orang, dan menyampaikan imbauan secara humanis, dan melakukan tidakan tegas bila diperlukan.

“Seluruh lapisan masyarakat diharapkan mendukung pemerintah, khususnya pemerintah daerah, dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tabanan, yakni dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tandas Toni. gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.