Patroli Cegah Politik Uang di Masa Tenang

Foto: BAWASLU Bangli melaksanakan apel siaga kesiapan patroli di masa tenang Pilkada 2020 di kantor Bawaslu Bangli.
291 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Bawaslu Bangli melaksanakan apel siaga kesiapan patroli di masa tenang Pilkada 2020 di kantor Bawaslu Bangli, Minggu (6/12).

Apel dipimpin anggota Bawaslu Bangli, I Nengah Muliarta, dengan peserta jajaran Bawaslu Bangli hingga tingkat kecamatan, Bawaslu Bali, Polres Bangli, Kodim 1626/Bangli serta Satpol PP Bangli.

Muliarta mengatakan, Bawaslu Bangli mulai Minggu (6/12) hingga Selasa (8/12) melakukan patroli pengawasan antipolitik uang selama masa tenang sebagai pencegahan. Bawaslu juga melibatkan polisi saat patroli.

“Patroli pengawasan dilakukan untuk memastikan masa tenang bebas dari kegiatan politik, yang berpotensi mempengaruhi preferensi pemilih pada pemungutan suara. Di antaranya kemungkinan masih ada alat peraga atau bahan kampanye yang belum dibersihkan, dan terutama praktik politik uang,” sebutnya.

Selain itu, lanjutnya, patroli juga sebagai upaya memastikan pemilih memahami dan menegakkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 pada saat pemungutan suara.

Bawaslu sekaligus memastikan distribusi logistik di TPS terlaksana sesuai prosedur. Di samping itu, pengawas pemilu akan memastikan kesiapan penggunaan Sirekap oleh jajaran KPU.

Patroli pengawasan, imbuhnya, dilaksanakan sejak penyelenggaraan Pilkada 2018 lalu. Program ini diklaim menekan angka praktik politik uang menjelang pemungutan suara. 028

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.