Pasar Desa Adat Bona Beroperasi Kembali

Wakil Bupati Gianyar didampingi Ketua DPRD Gianyar dan Bendesa Adat Bona meresmikan dibukanya Pasar Rakyat Desa Adat Bona.
147 Melihat

GIANYAR, posbali.co.id – Pembangunan Pasar Rakyat Desa Adat Bona, Blahbatuh, Gianyar kini rampung usai diguncang kebakaran pada akhir 2018 silam. Pembangunan kembali pasar ini dimulai sejak 27 Maret 2020 lalu. Wakil Bupati Gianyar, AA Gde Mayun, meresmikan Pasar Rakyat Desa Adat Bona bersama Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta, didampingi beberapa anggota DPRD Gianyar dan Kadis Perindag Luh Gede Eka Suary, Senin (1/2/2021).

Eka Suary mengatakan, Pasar Bona merupakan pasar rakyat yang dibangun sejak Maret sampai November 2020, dengan menelan anggaran Rp2,4 miliar. Dana tersebut dicairkan dalam dua tahap dari APBD Kabupaten Gianyar. Di dalam Pasar Bona terdapat 56 los pedagang,  24 kios, 1 ruang pengelola, 1 ruang menyusui, 1 ruang tera, serta 4 toilet. Dalam pasar yang dikelola Desa Adat Bona ini, los dan kios akan diprioritaskan untuk para pedagang lama. “Disperindag yang membangun, nanti pengelolaannya diserahkan ke desa,“ jelasnya.

Wakil Bendesa Adat Bona yang juga Ketua Panitia Pemlaspasan Pasar, I Gusti Agus Susana, menjelaskan, Pasar Bona merupakan pasar milik Pemkab Gianyar dan biaya pembangunan juga dari Pemkab Gianyar. Sementara untuk pemlaspasan diserahkan ke Desa Bona, dengan biaya Rp50 juta. “Selanjutnya akan ada kerjasama antara Pemkab Gianyar dan desa untuk tata kelola pasar rakyat ini,” ungkapnya.

Setelah diresmikan kemarin, Pasar Desa Adat Bona beroperasi mulai 4 Februari mendatang. “Kami berharap, Pasar Desa Adat Bona bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat Bona,” sebutnya menandaskan. 011

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.