Pasar Bekas LP Bangli Tidak Terawat

Kondisi pasar eks LP Bangli tidak terawat dan menghadirkan kesan kumuh.
254 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Sejak 16 pedagang kain dari bekas Lembaga Pemasyarakatan (LP) Bangli dipindahkan ke Pasar Loka Crana, kini kondisi pasar eks LP itu tidak terawat dan menghadirkan kesan kumuh. Padahal lokasinya berada di pusat kota. Terkadang emperan kios dimanfaatkan penjual pakaian bekas, sedangkan sorenya di sebelah utara di atas trotoar digunakan pedagang canang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli, I Wayan Gunawan, yang dimintai komentar, Rabu (24/2/2021) berujar akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bangli untuk menyikapi peruntukan pasar bekas LP tersebut. Setelah pembangunan Pasar Loka Crana tuntas, kata dia, pedagang yang sebelumnya menempati kios dan los eks LP akan dipindah ke lantai dua Pasar Loka Crana. Tujuannya agar pedagang pakaian dan aksesoris menjadi satu areal dengan pedagang yang sebelumnya berjualan di Pasar Kidul.

Menurut Gunawan, karena sekarang pasar eks LP kosong, dia  berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi selaku pemilik aset itu. Sebab, sampai saat ini belum diserahkan ke Disperindag. Jika nanti sudah jelas asetnya dihibahkan, Disperindag akan merancang komoditi khusus untuk dijual di sana. “Kami masih pikirkan komoditi yang tepat di jual di sana, sehingga pedagang kompleks berjualan di sana. Semua akan ditata, termasuk melakukan rehab. Sekarang belum bisa dianggarkan, karena kendala asetnya belum jelas,” pungkasnya. 028

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.