Partisipasi Pemilih di Jembrana Meningkat 15,69 Persen

Calon Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna, bersama istri mencuci tangan sebelum masuk di TPS saat pemungutan suara, Rabu (9/12/2020).
457 Melihat

JEMBRANA, posbali.co.id – Penerapan protokol kesehatan (prokes) saat pelaksanaan pemungutan suara pada Rabu (9/12/2020) di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Jembrana sudah cukup baik. Begitu juga dengan tingkat partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilih di Pilkada Jembrana tahun ini mencapai 78,19 persen.

“Setelah melakukan monitoring terkait protokol kesehatan, warga dan pemilih sudah taat dan mematuhi dengan baik. Ada penjadwalan, jadi sudah bagus tidak terjadi kelompok dan berkerumun dengan kedatangan yang diatur. Tidak hanya itu, persiapan sarana protokol kesehatan. Semua normal. Tidak ada pemilih yang harus memilih di bilik suara khusus,” kata Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, KPU Jembrana, Made Widiastra, Kamis (10/12/2020).

Lebih lanjut Widiasra mengatakan, partisipasi pemilih pada kali ini juga meningkat 15,69 persen dibandingkan tingkat partisipasi saat Pilkada Jembrana 2015 lalu yang tercatat hanya sejumlah 62,5 persen. Bahkan, peningkatan ini sudah melebihi target secara nasional yakni 78,19 persen. “Target kita sudah melebihi nasional yang ditetapkan 77,5 persen di Pilkada serentak 2020,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua KPU Jembrana, I Ketut Gde Tangkas Sudiantara. Dijelaskannya, berdasarkan data dari Satgas Pengamanan Covid-19 Bali serta survei saat pelaksanaan pilkada Jembrana, untuk tingkat kedisiplinan pemilih saat melakukan pencoblosan seluruhnya sudah mematuhi prokes. “Keberhasilan Pilkada Jembrana yang tertib prokes berkat kerja sama baik pihak penyelenggara, pemilih, serta petugas lainnya. Terlebih sejak jauh hari sudah rutin melaksanakan edukasi dengan harapan tidak ada klaster baru dalam pilkada,” pungkasnya. 024

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.