Pantai Karang Impian Tetap Buka, Pokmas Darwis Passih Terapkan Prokes

Warga saat mengunjungi objek wisata pantai yang dikelola Pokmas Darwis Passih di Dusun Sumbersari, Desa Melaya, Jembrana.
624 Melihat

JEMBRANA, posbali.co.id – Meskipun kebijakan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Jembrana telah diterapkan, namun Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokmas Darwis) Passih yang mengelola objek wisata Pantai Karang Impian di Banjar Sumbersari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Jembrana tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Ketua Pokmas Darwis Passih yang juga Bendesa Adat Sumbersari, Ketut Subanda, Kamis (28/1/2021), mengatakan langkah membuka sektor pariwisata saat ini memang memiliki risiko besar. Namun langkah ini akan tetap ditempuh untuk membangkitkan lagi sektor pariwisata yang sejak awal tahun terpuruk akibat pandemi Covid-19. Seperti objek wisata Pantai Karang Impian ini.

Hal ini dilakukan untuk tetap bisa melakukan pemberdayaan ekonomi anggota. Selain itu, agar objek wisata tetap eksis dan berkelanjutan. “Jika ini ditutup, maka akan tidak terawat dan akan ditinggalkan pengunjung. Namun, meskipun kami buka dan pengunjungnya minim, kami tetap membatasi pengunjung,” ujarnya.

Subanda mengatakan pihaknya tetap menerapkan prokes yang ketat. Saat pengunjung mulai masuk ke lokasi objek wisata ini, pihaknya mewajibakan mencuci tangan dan memakai masker serta menjaga jarak. Bahkan, Satgas Gotong Royong Covid-19 desa setempat juga rutin melakukan patroli ke lokasi ini. Dia sangat berharap agar pandemi Covid-19 segera berlalu sehingga objek wisata Pantai Karang Impian bisa buka seperti biasanya dan mampu mendongkrak perekonomian anggota Pokdarwis.

“Pantai ini memang tidak sepopuler Pantai Medewi yang terkenal sebagai spot surfing atau Pantai Perancak yang terkenal dengan panorama matahari terbenamnya, Perancak Sunset Point. Namun panorama yang ditawarkan Pantai Sumbersari tidak kalah cantiknya dengan pantai lainnya di Bali Barat. Pantai yang berpasir hitam dengan area yang sangat luas ini cocok dikunjungi bagi yang ingin mencari suasana pantai yang sepi dan jauh dari lalu lalang turis asing,” tuturnya.

Selain memiliki area dengan hamparan pasir hitam yang luas yang eksotis, jika menghadap ke laut, tepat di sebelah kiri pantai ini terdapat batu karang yang menghiasai dan menambah uniknya pantai. Batu karang menjadi cikal bakal nama pantai ini menjadi Pantai Karang Impian. Di kawasan objek wisata ini juga ada warung lesehan dan sejumlah vila.

Dikatakannya, panorama batu karang di pantai ini sangat bagus untuk swafoto dengan latar belakang laut yang luas. Pokdarwis pun terus memperkenalkan objek wisata Pantai Sumbersari melalui berbagai cara, termasuk melalui media sosial. Untuk menunjang pengembangan objek wisata, selain telah dibangun vila-vila dan penginapan serta hotel di wilayah itu pihaknya juga berusaha menjaga kebersihan pantai.

“Kami juga rutin melakukan pembersihan pantai. Melakukan penanaman pohon dan juga pernah menanam rumpon untuk membuat karang buatan sehingga bisa menjadi potensi wisata diving, mengingat batu karangnya di sini sangat bagus untuk dikembangkan,” pungkas Subanda. man

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.