“Paksi Mas Denut” Bantu Masyarakat Akses Pelayanan Publik Secara Daring

Aparat Kecamatan Denut membantu warga mengakses pelayanan daring melalui inovasi Paksi Mas Denut.
137 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Menyukseskan reformasi birokrasi dan meningkatkan pelayanan prima di Kota Denpasar, Kecamatan Denpasar Utara meluncurkan Inovasi Pelayanan Kecamatan Fasilitasi Masyarakat Denpasar Utara (Paksi Mas Denut). Inovasi ini menjadi solusi atas masih adanya masyarakat yang belum paham penerapan pelayanan publik berbasis online (daring).

Camat Denut, I Nyoman Lodra, didampingi Plt. Kasi Pelayanan Umum, I Gede Hendry Kamajaya, Jumat (22/1/2021) menjelaskan bahwa inovasi ini didasari atas kondisi di lapangan, masih adanya warga masyarakat yang belum mengerti cara mengakses website terkait pelayanan perizinan maupun nonperizinan. Selain itu, terdapat warga yang belum mengerti bagaimana cara mengoperasikan teknologi informasi (TI) sehingga membuat warga masih sering bertanya dan konsultasi ke kantor camat.

“Hingga saat ini masyarakat rata-rata masih kurang mengerti tentang bagaimana cara kerja sistem tersebut dan bahkan ada yang tidak bisa mengoperasikan TI, sehingga memerlukan bantuan orang lain yang lebih memahami. Hal ini utamanya dalam membantu fasilitasi upload data persyaratan layanan kepada masyarakat,” ujar Lodra.

Dia menjelaskan, inovasi ini membantu masyarakat mendapatkan produk layanan dari sistem pelayanan yang disediakan oleh pusat terkait perizinan elektronik online dan sistem yang disediakan oleh Disdukcapil Kota Denpasar terkait pengurusan administrasi kependudukan secara daring. Aparat kecamatan menjembatani hal tersebut dengan memberikan informasi layanan serta upload (mengunggah) data persyaratan layanan ke dalam sistem yang telah disediakan oleh pusat dan Disdukcapil Kota Denpasar.

Camat Denut menambahkan, Paksi Mas Denut bertujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah. Selain itu, mendukung peningkatan efisiensi, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan, berorientasi kepada kepentingan umum. “Ke depannya juga inovasi ini merupakan cikal bakal gerai pelayanan di Kecamatan, dimana menjadi tempat menyediakan layanan pembayaran PBB dan PDAM, kepengurusan SIM, Samsat, dan lain-lain yang didukung oleh SDM dari Instansi terkait,” pungkasnya. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.