Optimis Pandemi Segera Berakhir

Pelukis asal Sanur, Ni Nyoman Sani
436 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Para seniman semakin kreatif menyiasati pandemi Covid-19. Seperti halnya yang dilakukan pelukis asal Sanur, Ni Nyoman Sani.

Di tengah pandemi, perempuan yang akrab dipanggil Sani ini cenderung beraktivitas di rumah dan memanfaatkan media dalam jaringan (daring) untuk berinteraksi.

“Kalau saya sendiri, sebelumnya biasa berinteraksi bertemu teman-teman. Namun saat ini, harus menyesuaikan diri. Jadi ada jarak,” katanya di Denpasar, Minggu (16/5) sore.

Kendati demikian, dirinya optimis pandemi ini akan segera berakhir. Karena sesuatu yang ada awalnya, kata dia pasti akan ada akhirnya.

Dia tak memungkiri di awal pandemi terbesit ketakutan. Karena sebelumnya masyarakat jauh lebih bebas beraktivitas di luar rumah dan boleh dikatakan tak ada batasnya.

Namun, lanjut dia, begitu mewabahnya virus ini, maka harus membiasakan diri untuk menerapkan kehidupan baru. Yaitu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan hingga menjaga jarak.

“Beberapa hal juga dimulai seperti pameran secara online, dan lebih sedikit offline. Lebih banyak yang webinar hingga virtual exhibition. Jadi beraktivitas tetap jalan, hanya saja secara online,” tuturnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kesigapan perhatian pemerintah terhadap para seniman. Seniman mendapatkan ruang untuk mengekspresikan diri.

“Saya harap dengan pejabat baru dari ISI Denpasar mampu lebih baik dari Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali yang sebelumnya. Yaitu memberikan ruang bagi seniman,” harapnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.