Open Border Pariwisata Bali, Supadma Rudana Ajak Delegasi BKSAP DPR RI Suarakan Melalui Fraksi Masing-masing

Foto: Pertemuan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI dengan Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra, di Ruang Pertemuan Bupati Gianyar, Senin (27/9)
135 Melihat

Wacana open border untuk wisatawan mancanegara ke Bali masih menjadi isu hangat disuarakan Pemerintah Daerah di Bali. Karena, pembukaan pariwisata itu menjadi satu-satunya harapan pariwisata Bali bisa bangkit kembali. Mengingat, sektor ini lumpuh akibat mewabahnya virus corona yang pertama kali diketahui masuk ke Pulau Dewata pada medio Maret 2020.

GIANYAR, posbali.co.id – Seperti pertemuan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI dengan Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra, di Ruang Pertemuan Bupati Gianyar, Senin (27/9), BKSAP DPR RI ‘ditodong’ juga menyuarakan pembukaan pariwisata Bali secara penuh untuk turis mancanegara di pemerintah pusat.

Delegasi BKSAP DPR RI ini dipimpin Wakil Ketua BKSAP DPR RI yang juga Anggota Komisi VI DPR RI dapil Bali dari Fraksi Demokrat, Putu Supadma Rudana. Selain itu, tampak juga anggota BKSAP Gilang Dhiela Fararez (Fraksi PDIP), Arzeti Bilbina (Fraksi PKB), Muslim (Fraksi Demokrat), Ema Umiyyatul Chusnah (Fraksi PPP), dan Hasani Bin Zuber (Fraksi Demokrat).

Rombongan ini diterima langsung Bupati Mahayastra, didampingi Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gede Mayun, Ketua DPRD Gianyar I Wayan Tagel Winarta, dan jajaran birokrat Gianyar. Dialog BKSAP DPR RI dengan Bupati Gianyar menyangkut program Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan agenda pembangunan dunia dengan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat global, mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan 17 tujuan, yang disepakati 193 negara anggota termasuk Indonesia.

Beberapa diantaranya menjamin taraf hidup masyarakat, terbebas dari kemiskinan, menjamin pembangunan berbasis lingkungan, pembangunan yang berkonsep dan bernafas budaya, hingga pemanfaatan energi ramah lingkungan.

Dalam pertemuan itu, Bupati Mahayastra mengatakan bahwa Gianyar sebagai daerah pariwisata sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19. “Kami banyak punya hotel berbintang, tapi sekarang karena kami daerah pariwisata sangat terdampak dengan pandemi Covid-19. Terima kasih karena bapak dan ibu telah berkunjung ke Gianyar. Jangan hanya berkunjung, nginaplah di hotel -hotel yang ada di Gianyar,” ujar Ketua DPC PDIP Gianyar lima periode ini.

Agus Mahayastra pun berharap dengan kondisi pandemi Covid-19 di Bali yang sudah melandai, dan vaksinasi sudah maksimal, rencana pariwisata Bali segera open border tidak terjadi persoalan. “Vaksinasi kami sudah tuntas di Gianyar, masyarakat sekarang menunggu pembukaan pariwisata Bali, supaya perekonomian segera pulih. Kami berharap sama anggota DPR RI menyampaikan aspirasi ini di pusat,” ujar mantan Ketua DPRD Gianyar ini.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Gianyar Tagel Winarta. BKSAP DPR RI menyuarakan di pusat untuk mempercepat pembukaan pariwisata Bali bagi turis mancanegara. Selain itu, Tagel Winarta terang-terangan minta BKSAP DPR RI menyuarakan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2020 tentang standar harga satuan regional, yang mengatur anggaran perjalanan dinas pejabat eksekutif dan legislatif.

“Kami minta biaya perjalanan dinas pejabat eksekutif dan legislatif direvisi pusat. Dengan biaya perjalanan dinas sekarang kawan-kawan kami di luar Bali, tidak ada mau datang kunker ke Bali. Karena anggaran perjalanan dinas rendah. Tolonglah perjuangkan di pusat agar Perpres 33 direvisi,” ujar Tagel Winarta.

Atas kondisi ini Supadma Rudana menegaskan Bali khususnya Gianyar sangat terdampak atas kondisi pandemi Covid-19. Politisi asal Desa Peliatan, Ubud, Gianyar ini langsung mengajak anggota delegasi BKSAP DPR RI untuk menyuarakan lewat fraksi masing-masing di DPR RI.

“Rekan-rekan di BKSAP lebih kenceng bersuara di fraksi masing-masing untuk pembukaan penuh pariwisata Bali. Saya yakin semua cinta Bali, sekarang tamu domestik mulai berdatangan, kalau punya saudara mau liburan bawa ke Bali. Saya sendiri juga akan menyampaikan aspirasi ini di pusat,” ujar Supadma Rudana promosikan Bali.

Sementara itu, anggota BKSAP DPR RI Arzeti Bilbina mengatakan siap menindaklanjuti aspirasi Bali untuk membantu pariwisata Bali bisa bangkit. “BKSAP DPR RI sudah beberapa kali kunker ke Bali. Karena pimpinan kami di BKSAP Pak Supadma Rudana selalu membawa kegiatan BKSAP ke Bali. Otomatis ini juga membantu membangkitkan pariwisata Bali,” ujar Arzeti Bilbina. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.