Ojol Harus Berwawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Kegiatan komsos yang diselenggarakan Kodim 1619/Tabanan, dengan melibatkan puluhan awak ojol se-Tabanan, di Makodim Tabanan, Rabu (25/11).
113 Melihat

TABANAN, posbali.co.id – Para ojek online (ojol) harus memiliki wawasan kebangsaan dan bela negara yang baik. “Hal itu untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan jiwa kebangsaan yang tinggi sebagai komponen bangsa, yang langsung berhadapan dan berbaur di masyarakat,” tegas Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto, Rabu (25/11).

Dalam kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan melibatkan puluhan awak ojol se-Tabanan itu, Toni juga mengapresiasi komunitas ojol yang memiliki andil  cukup besar dalam bela negara, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini. “Ojol diharapkan turut membantu pemerintah untuk menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat, dan langsung menerapkan dalam kegiatan sehari-hari,” ujarnya.

Komsos bertema ‘Menjaga Keutuhan dan Kemajuan Bangsa dalam Bingkai NKRI’ itu, sengaja mengundang komunitas ojol dalam rangka menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen bangsa. Hal itu juga
dimaksudkan dalam rangka terwujudnya saling pengertian dan pemahaman tentang peran, fungsi, dan tugas masing-masing.

“Bahkan juga diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan dalam membangun pemahaman dan persepsi yang positif, serta mampu mewujudkan kesamaan visi, misi, persepsi, interpretasi dalam menyikapi dan mengantisipasi dinamika kehidupan di masyarakat,” ujarnya.

Toni juga menerangkan bahwa Satuan Kodim 1619/Tabanan sebagai komando kewilayahan, mengemban tugas menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung secara dini, sesuai dengan sistem pertahanan semesta. Selain itu, juga dalam upaya untuk membangun, memelihara, meningkatkan, dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, melalui kegiatan bantuan untuk mengatasi kesulitan masyarakat, demi menjaga keutuhan NKRI.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian bingkisan secara simbolis oleh Dandim Tabanan kepada perwakilan komunitas ojol. Selanjutnya, penyampaian materi wawasan kebangsaan oleh Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf. Dewa Putu Oka dan Danramil 1619-03/Pupuan Kapten Inf. I Made Sudiarcana. gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.