Nunggak Berbulan-bulan, 49 Sambungan Pelanggan Air Minum Diputus

Perbaikan pipa bocor adalah satu bagian dari pelayanan Perumda Air Minum TAB Tabanan kepada masyarakat, dengan terus melakukan berbagai inovasi.
48 Melihat

TABANAN, posbali.co.id – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amertha Buana (TAB) Tabanan per Januari 2021 ini melakukan pemutusan 49 sambungan pelanggan. Dari jumlah pemutusan sebanyak itu, semua karena terjadi penunggakan hingga berbulan-bulan di pihak pelanggan.

Menurut Humas Perumda Air Minum TAB Tabanan, Wayan Agus Suanjaya, Selasa (16/2/2021), selain karena penunggakan pembayaran rekening dari pihak pelanggan, juga karena rumah dalam keadaan kosong. “Kebanyakan rumah-rumah di perumahan yang kosong, tidak dihuni pemiliknya, atau dibiarkan begitu saja sebagai investasi,” ungkapnya.

Suanjaya yang didampingi Kabag Hubungan Langganan, Budi Setiawan, menyebut tunggakan yang terjadi hingga empat bulan atau lebih. Atas kondisi tersebut, pihaknya terpaksa melakukan pemutusan sambungan air yang berada di pinggir jalan depan rumah pemohon atau pelanggan.

Terlepas dari permasalahan tersebut, dalam upaya memenuhi kebutuhan air bersih warga di Kabupaten Tabanan, Perumda Air Minum TAB Tabanan juga terus berupaya mengoptimalkan peran dan fungsi unit pengolahan air baku. “Terlebih Perumda Air Minum TAB ingin agar pelayanan air minum memenuhi prinsip kualitas, kuantitas, dan kontinyuitas kepada masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, pelayanan air bersih untuk masyarakat tidak hanya diberikan untuk masyarakat yang ada di perkotaan, namun juga dioptimalkan untuk masyarakat di pelosok desa, sehingga instalasi bisa diperluas di setiap kecamatan. Berbagai revitalisasi infrastruktur juga telah dilakukan. Salah satunya dengan melakukan penggantian jaringan pipa yang kondisinya kurang baik atau berumur tua.

“Selain itu, Perumda Air Minum TAB juga rutim menggelar pembinaan SDM, guna meningkatkan keterampilan dan kemahiran dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggan. Seluruh jajaran Perumda Air Minum TAB juga terus melakukan berbagai inovasi, agar masyarakat dapat terus mendapatkan pelayanan secara maksimal,” imbuh Agus. gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.