Nestapa Kadek Ayu Penderita Jantung Bocor, Ayah Gangguan Jiwa, Ibu Pilih Pulang ke Rumah ‘’Bajang’’

Foto: WABUP KASTA WABUP Kasta menggendong Kadek Ayu Padmini Suari di rumahnya di Banjar Ayung, Lingkungan Kelurahan Semarapura Kelod, Selasa (28/7). Foto: baw
364 Melihat

KLUNGKUNG, posbali.co.id – Ni Kadek Ayu Padmini Suari yang baru berumur satu setengah tahun, harus berjuang melawan kelainan jantung bocor yang dideritanya sejak lahir. Selain penyakit jantung bocor, Kadek Ayu juga punya riwayat penyakit penyempitan pernapasan. Ia pun setiap bulan wajib kontrol ke RSUP Sanglah sebanyak dua hingga tiga kali bergantung pemanggilan dari dokter.
Kadek Ayu kini hanya dirawat neneknya Ni Kadek Sri Asih (60) di Banjar Ayung, Lingkungan Kelurahan Semarapura Kelod. Sri Asih terpaksa merawat cucunya bersama anak perempuannya yang berhenti kerja karena Covid-19.
Sementara ayah Kadek Ayu yakni Made Alit Guna Artana sejak lima tahun mengalami gangguan jiwa dan sering bolak balik masuk Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangli. Sedangkan ibunya juga telah meninggalkan Kadek Ayu dan memilih pulang ke rumah bajang (asalnya) di Banjar Jro Agung, Gelgel, sejak Kadek Ayu berumur tujuh bulan.
‘’Jadi kesehariannya, saya yang merawat dan mengajak Kadek Ayu, sebab saat ini ayahnya sudah tiga bulan masuk RSJ Bangli. Dengan situasi itu dan berstatus belum cerai, ibunya akhirnya memutuskan untuk pergi ke rumah asalnya dan mengajak kakak kandung Kadek Ayu yang masih berusia lima tahun,’’ kata Kadek Sri Asih.
Kondisi Kadek Ayu mendapat perhatian Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta. Wabup Kasta yang juga Ketua PMI Klungkung, mengaku sangat prihatin setelah melihat keadaan yang dialami Kadek Ayu sejak baru lahir.
Pada Selasa (28/7) pagi, Wabup Kasta didampingi beberapa staf PMI Klungkung menyerahkan bantuan untuk Kadek Ayu di Banjar Ayung, Lingkungan Kelurahan Semarapura Kelod. Kehadiran pemerintah juga diupayakan Wabup Kasta dengan menugaskan dinas terkait agar segera menindaklanjuti langkah-langkah penanganan ke depan, baik itu berupa bantuan sosial maupun penanganan kesehatan lainnya yang dilakukan secara rutin.
‘’Saya sudah tugaskan dinas terkait untuk segera menindaklanjuti langkah-langkah kedepan, baik itu bantuan sosial maupun penanganan kesehatannya. Upaya ini dilakukan agar Kadek Ayu segera bisa pulih dari sakitnya,’’ kata Wabup Kasta.
Tidak hanya sampai disana, usai menyerahkan bantuan tersebut Wabup Kasta juga mengatakan sangat berterima kasih kepada PMI, karena sudah bersama membantu masyarakat Klungkung dalam menangani permasalahan baik di bidang sosial maupun di bidang kesehatan. ”PMI dan pemerintah harus terus saling bekerjasama dan berkomunikasi yang baik untuk menangani permasalahan masyarakat seperti contohnya yang saat ini dialami oleh Kadek Ayu,’’ pungkasnya. baw

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.