Nasdem Resmi Berhentikan Tirtawan dan Dian Varindra

Made Suparjo
135 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – DPP Partai Nasdem resmi memberhentikan Nyoman Tirtawan dan Dian Varindra sebagai kader partai. Pemecatan kedua orang itu diumumkan dalam rapat Rakorwil DPP Partai Nasdem di Discovery Kartika Plaza Kuta, Minggu (12/9/2021). Tirtawan diberhentikan karena sebelumnya mengundurkan diri, sedangkan Dian Varindra dianggap melanggar aturan karena berpindah partai.

Surat pemberhentian tersebut ditandatangani Surya paloh selaku Ketua Umum Partai Nasdem, dan Johnny Gerard Plate selaku Sekjen Partai Nasdem. Dalam hal menimbang, DPP menyebut Tirtawan sudah mengundurkan diri pada tanggal 25 Januari 2020 dengan surat bermaterai lengkap. Sementara Dian Varindra diketahui berpindah partai. Berdasarkan pertimbangan itu, Nasdem menilai keduanya melanggar dan siap diberhentikan selamanya sebagai anggota dan atau pimpinan Nasdem.

Berdasarkan pertimbangan itu, Nasdem memutuskan memberhentikan Nyoman Tirtawan dan Dian Varindra dari keanggotaan partai. Juga mencabut KTA Tirtawan bernomor 196860861574 dan KTA Dian Varindra bernomor 1585038147704000. “Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan,” demikian bunyi surat pemecatan bertanggal 30 Agustus tersebut.

Ketua DPW Partai Nasdem Bali, Julie Sutrisno Laiskodat, yang sedianya dimintai tanggapan atas pemecatan itu, tidak dapat dihubungi. Sekretaris DPW Nasdem Bali, Nyoman Winata, juga tidak dapat dimintai tanggapan, karena sedang ada upacara agama.

Sementara itu Ketua DPD Partai NasDem Buleleng, Made Suparjo, tak menampik adanya SK DPP Partai Nasdem perihal pemecatan Nyoman Tirtawan sebagai kader partai. “Ya, benar, ada beberapa pertimbangan sehingga SK (pemecatan) keluar,” kata Suparjo dihubungi via telepon seluler, Minggu (12/9/2021).

Dia berujar ada dua pertimbangan dasar SK pemecatan mantan anggota DPRD Bali dari Nasdem Dapil Buleleng periode tahun 2014 hingga 2019 itu keluar. Pertama, menurut Suparjo, untuk menjawab keinginan Tirtawan sebelumnya yang sempat mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai kader partai. Kemudian pertimbangan kedua, ini untuk menjawab intrik-intrik yang diduga dilakukan Tirtawan untuk menyerang sesama kader Nasdem maupun partai.

Disinggung apakah salah satu intrik tersebut terkait dengan persoalan yang membelit kader Nasdem yang duduk di DPRD Bali yakni Dr. Somvir, Suparjo tak memungkiri hal itu. “Ya pertimbangan-pertimbangan itu membuat keputusan ini keluar. Ya, selama ini dia (Tirtawan) mengaku sebagai kader Nasdem, tapi malah menyerang partai. (Keputusan) ini berasal dari dinamika yang selama ini terjadi,” jelas Suparjo memungkasi. hen/rik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.