Naik Tanpa Pemandu, Masuk Jurang, Dua Pendaki Gunung Batur Selamat

Dua pendaki Gunung Batur yang terpeleset dan masuk jurang saat mendaki, Sabtu (31/7/2021), ditemukan selamat Tim Gabungan Basarnas Denpasar, BPBD Bangli, TNI/Polri serta warga setempat.
150 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Keberuntungan masih memayungi Made Yoga Wiraditya (29) dan Patricia Angela (25), dua pendaki Gunung Batur yang terpeleset dan masuk jurang saat mendaki, Sabtu (31/7/2021). Keduanya ditemukan selamat Tim Gabungan Basarnas Denpasar, BPBD Bangli, TNI/Polri serta warga setempat. Belakangan terkuak keduanya kali pertama mendaki Gunung Batur dan tanpa ditemani pemandu lokal.

Kapolsek Kintamani, Kompol I Made Sutarjana, Minggu (1/8/2021) menjelaskan, Yoga dan Patricia berangkat dari Denpasar menuju Kintamani pada Jumat (30/7/2021). Mereka mendaki melalui jalur Pasar Agung. “Tadinya ada empat orang yang akan mendaki, tapi dua orang temannya batal ikut. Makanya pendakian dilakukan dua orang,” ungkapnya.

Keduanya mendaki sekitar pukul 22.00 Wita, tapi tak lama kemudian tersesat lantaran tidak tahu medan dan kondisi gelap. Sampai kemudian mereka masuk jurang sedalam sekitar 15 meter. Keduanya tersesat dan tidak menemukan jalan. Karena tebing yang dilihat curam dan tidak ada jalan, mereka memutuskan hanya diam sambil menunggu pagi.

Begitu mentari muncul di ufuk timur, mereka berusaha untuk naik, tapi jalurnya terjal. Pilihan terakhir, mereka berteriak meminta pertolongan. Warga setempat yang melintas mendengar teriakan tersebut dan segera melaporkan ke kepolisian.

Kepala Pelaksana BPBD Bangli, I Ketut Gede Wiredana, menambahkan, proses evakuasi melibatkan puluhan personel tim gabungan. Proses evakuasi dimulai sekitar pukul 11.00 Wita, dengan menurunkan petugas Basarnas untuk melakukan evakuasi. “Sekitar pukul 13.00 Wita kedua korban berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat,” ungkapnya.

Meski keduanya selamat, dia menyebut mereka mengalami syok dan salah satu pendaki mengalami luka lecet di punggungnya. Setelah dievakuasi dari jurang, mereka dibawa ke Puskesmas Kintamani guna mendapatkan penanganan medis. “Kedua pendaki dalam kondisi selamat, hanya mengalami luka lecet dan sudah kembali ke tempat asal di Denpasar,” pungkasnya. 028

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.