Musim Hujan, Wilayah Tianyar Justru Kekeringan

Palang Merah Indonesia (PMI) Karangasem menyalurkan air bersih di Banjar Dinas Pedahan Kelod, Desa Tianyar Tengah, Kubu, Sabtu (28/11/2020).
198 Melihat

KARANGASEM, posbali.co.id – Musim hujan yang tiba ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap tersedianya kebutuhan air bersih di wilayah Kubu, Karangasem. Di wilayah yang terkenal kering ini, masyarakat biasanya mengandalkan air tadah hujan yang ditampung di cubang untuk kebutuhan sehari-hari.

Krisis air bersih di Banjar Dinas Pedahan Kelod, Desa Tianyar Tengah, Kubu itu dialami warga sejak sebulan terakhir. Mereka pun hanya bergantung pasokan air bersih dari pemerintah dan relawan.

Divisi PB Palang Merah Indonesia (PMI) Karangasem, Agus Dwi Hartono, Sabtu (28/11/2020) lalu menyalurkan air bersih sebanyak 10.000 liter untuk 114 kepala keluarga terdampak di dusun tersebut. Kata dia, hujan memang tidak kunjung mengguyur wilayah ini, meski di seputaran Kota Amlapura mulai rutin turun hujan.

“Saya cek langsung ke lokasi, belum ada hujan. Hanya Tianyar Tengah bagian atas, yaitu di Banjar Dalem dan Padangsari saja, yang mulai turun hujan, itu juga hujan tipis,” ungkapnya.

Berkoordinasi dengan wilayah setempat, dia menitip bantuan air di puskesmas pembantu dan di cubang milik salah satu warga yang aksesnya dapat dijangkau mobil tangki. Warga lain yang memerlukan air bisa mengambil di dua tempat tersebut.

Laporan krisis air bersih di beberapa wilayah di Desa Tianyar Tengah, ungkapnya, diketahui sejak lama. Namun, untuk di Dusun Pedahan penyalurannya baru bisa terealisasi, karena sempat terkendala biaya operasional.

Dengan kondisi demikian, dia berharap ada relawan tergerak untuk sama-sama mengatasi bencana kekeringan di beberapa wilayah di Karangasem. “Dana transportasi kegiatan tersebut hasil dari Bulan Dana PMI Karangasem 2020,” ulas Agus menandaskan. 017

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.