Mulai Meningkat, Setoran PHR di Badung Bulan September Rp200 Miliar

Ilustrasi
36 Melihat

MANGUPURA, POS BALI – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Badung menyambut baik rencana pembukaan border internasional pada 14 Oktober 2021. Selama pandemi pendapatan dari Pajak Hotel dan Restoran (PHR) turun drastis dan kini menunjukkan tren peningkatan.

“Kami menyambut baik rencana pembukaan penerbangan internasional langsung ke Bali, mudah-mudahan dapat mendatangkan wisatawan asing untuk berlibur ke Bali,” kata Kepala Bapenda Badung, I Made Sutama, Minggu (10/10/2021).

Kebijakan yang diambil Pemerintah Pusat menurutnya memberikan angin segar bagi pelaku pariwisata yang hampir 2 tahun mati suri akibat pandemi Covid-19. Terkait pendapatan daerah, meski tidak mungkin bisa cepat pulih seperti sebelum pandemi, pembukaan border internasinal membawa harapan dan optimisme untuk peningkatan pendapatan daerah dari PHR.

“Yang jelas ada harapan untuk peningkatan PHR, meski untuk kembali pada kondisi sebelum pandemi dibutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama. Tapi kami tetap optimis semuanya akan kembali pulih,” kata Sutama.

Selama pandemi, pihaknya juga tidak berani terlalu menekan wajib pajak (WP), khususnya dalam penagihan piutang pajak. Jangankan untuk membayar piutang pajak, banyak WP sampai menutup sementara operasional lantaran tidak ada pendapatan. Jika kondisi sudah normal, piutang pajak, kata dia, adalah kewajiban WP yang harus dilaksanakan. “Tentu kita berikan keringanan, seperti pembayaran dengan cara mencicil,” imbuhnya.

Lebih lanjut pejabat asal Pecatu ini mengungkapkan, anjloknya PHR selama pandemi, pendapatan daerah Badung sedikit terbantu dengan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). “Bulan lalu dari satu transaksi saja kita mendapatkan BPHTB sampai Rp100 miliar. Ini patut kita syukuri,” ucapnya.

Dia menambahkan, rata -rata per bulan selama pandemi Covid-19 melanda, setoran pajak ke kas daerah Rp60-70 miliar. Akan tetapi, pada bulan September 2021 lalu mencapai Rp200 miliar. Nah dengan pembukaan pariwisata di Bali, baik untuk domestik maupun internasional, diharapkan dapat kembali mendongkrak pendapatan daerah Badung. 020

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.