Mulai 6 Juli 2020, Gubernur Koster Gratiskan BNNKB, Khusus Kepemilikan Kendaraan Tangan Kedua dan Seterusnya

GUBENUR Bali, Wayan Koster. Foto: ist
473 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Gubernur Bali Wayan Koster kembali mengeluarkan kebijakan untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. Kebijakan itu berupa penghapusan Biaya Balik Nama Kendaraan (BBNKB) untuk kepemilikan kendaraan tangan kedua dan seterusnya. Kebijakan itu dimulai, Senin (6/7) hingga 18 Desember 2020.

Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra didampingi Kepala Bapenda  Bali, Made Santha mengatakan, kebijakan itu tertuang dalam Gubernur Bali Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pembebasan Pokok Dan/Atau Penghapusan Sanksi Administrasi Berupa Bunga Dan Denda Terhadap Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Kedua Dan Selanjutnya.

‘’Kebijakan ini berlaku mulai dari 6 Juli sampai dengan 18 Desember 2020. Ini adalah kebijakan relaksasi yang kedua. Yang pertama itu relaksasi sesuai Pergub No 12 Tahun 2020 tentang Penghapusan Bunga dan Denda dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang berlaku dari April sampai Agustus 2020,’’ ujarnya di Denpasar, Jumat (3/7).

Dewa Indra menegaskan, tujuan dari kebijakan ini adalah sebagai respon Pemerintah Provinsi Bali terkait situasi perekonomian saat ini, sehingga masyarakat bisa menunaikan kewajibannya dengan lebih ringan. ‘’Dengan kebijakan ini, maka kami di pemerintah daerah memiliki database yang lengkap tentang jumlah kendaraan di Bali yang belum melakukan balik nama,’’ tandasnya.

Sebelumnya, Made Santha mengatakan, pengratisan BBNKB untuk kepemilikan kedua dan seterusnya ini adalah pertamakali dilakukan di Bali. Kebijakan ini, kata dia, mengingat banyak kendaraan yang dikuasi tetapi tidak dimiliki secara resmi sesuai KTP. ‘’Balik nama kendaraan ini wajib dilakukan sehingga tidak terjadi permasalahan dikemudian hari,’’ pungkasnya. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.