Menyehatkan Masyarakat Karangasem dengan Senam AWS3

Tinggi animo masyarakat mengikuti senam AWS3 saat pertama kali masuk di wilayah Karangasem
Tinggi animo masyarakat mengikuti senam AWS3 saat pertama kali masuk di wilayah Karangasem
387 Melihat

POS BALI/IST

DENPASAR, POS BALI – Senam Andrie Wongso, Sehat Semangat Senang (AWS3) mulai merasuk seluruh kabupaten di Bali sejak dideklarasikan di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandi Pebruari 2019 lalu. Melalui Inti Klub Bali Sehat (IKBS), Senam AWS3 ini terus diperkenalkan sampai ke pelosok daerah di Bali.

Kehadiran AWS3 di Karangasem disambut antusias masyarakat di Bumi Lahar karena olah raga ini membawa jiwa dan raga menjadi sehat segar. Jiwa dan raga yang sehat tak datang begitu saja, mesti dimbangi dengan rutin berolah raga.

“Dan salah satu olahraga yang sedang trend di Bali adalah Senam AWS3. Di Karangasem sudah ada sejak April 2019. Dan awal Desember sudah mulai melatih beberapa instruktur. Melalui senam ini saya dan beberapa teman merasakan badan menjadi sehat dan semangat,” kata AKBP (purn)  I Nyoman Ardika, Penasehat IKBS Senam AWS3 Karangasem di Denpasar, Minggu (29/12).

Senam AWS3 sejenis terapi menguatkan jiwa dan raga agar seimbang. “Kami IKBS Karangasem terus menggelorakan senam ini sampai ke pelosok desa. Banyak manfaat dari senam ini. Selain kebugaran, melalui senam ini bisa menjadi perekat antar sesama anak bangsa. Melalui senam ini kita membangun semangat menyama braya, melestarikan budaya masyarakat Karangsem yang cinta damai, saling asah,asih,asuh,”ujarnya

Sementara Ketua IKBS AWS3 Karangasem, Bing Sanjaya mengatakan, keanggotaan komunitas senam ini terdiri dari  berbagai suku,ras, agama serta antar golongan. Ia menegaskan, peserta senam tak dipungut biaya. “IKBS Karangasem  tidak mencari keuntungan. Kehadiran komunitas senam ini di Karangasem untuk menyehatkan masyarakat serta mempererat tali silaturahmi  dan semangat menyama braya,”kata Bing Sanjaya menjelaskan,  sejak senam ini masuk di Karangsem pihaknya terus sosialisasi di desa Jasri, Bugbug,Sibetan,Telaga,Temega,Prasi,Kecicang ,serta masuk ke sekolah sekolah. “Kami akan terus berusaha menembus seluruh pelosok desa di Karangsem untuk memperkenal dan menyehatkan masyarakat dengan Senam AWS3.

Sebelumnya, Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) Bali, yang juga pembina Senam AWS3,  Sudiarta Indrajaya menjelaskan, dalam senam ini ditekankan memberikan pemahaman kesehatan terhadap masyarakat. “Kesehatan itu nomor satu. Kalau badan kita sehat kita bisa melaksanakan banyak aktivitas. Tapi kalau badan kita lemah sakit kita, tidak bisa melakukan banyak hal. Itu sangat sulit,” kata Sudiarta Indrajaya saat konferensi pers di Warung Jimbaran, Jalan Hayam Wuruk Denpasar, sebelum deklarasi.

Sin sapaan akrabnya mengatakan, pihaknya ingin melalui senam ini menjadi perekat bangsa. “Penggemar senam ini sudah sangat banyak dan direspon positif dari berbagai kalangan, baik dari lintas agama, etnis, suku, pemuda, dan yang lainnya. “Senam  ini sudah sangat banyak dari target yang kita inginkan. Yakni lebih dari 2.000 orang,” kata Sin.003

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.