Menparekraf Baru Diharapkan Mempercepat Pemulihan Pariwisata

Sandiaga Salahudin Uno (kiri), Menteri Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif yang baru saja dilantik Presiden Jokowi (kanan) saat pelantikan di Istana Negara, di Jakarta, Rabu (23/12/12020).
108 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Sandiaga Salahuddin Uno resmi menggantikan Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Pergantian Menparekraf diharapkan membawa dampak positif bagi sektor pariwisata yang sangat anjlok akibat pandemi Covid-19.

“Saya harap Menparekraf yang terpilih ini bisa bekerja sama untuk membangkitkan pariwisata. Kami tentu tetap menginginkan adanya kerja sama antara daerah dengan pusat. Semua ini untuk memajukan pariwisata sehingga negara bisa memperoleh devisa lebih banyak ke depannya,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Badung, I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, Rabu (23/12/2020).

Rai Suryawijaya memaparkan, pergantian menteri merupakan ranah prerogatif presiden dengan segala pertimbangannya. Hal itu harus senantiasa dihormati dan dihargai. Terkait menteri yang baru ini, pihaknya menilai bahwa Sandiaga Uno merupakan orang yang profesional yang pernah menjadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Kemungkinan akan bisa mengakomodasi pariwisata di Indonesia. “Pada dasarnya siapapun yang menjabat Menteri Pariwisata, tentu Bali akan men-support dan melakukan kerja sama dengan baik,” ujarnya.

Ia menilai siapapun Menparekraf saat ini, tentu merupakan ujung tombak negara. Sebab pemerintah pusat menginginkan devisa pariwisata menjadi devisa nomor satu. Dan, Bali akan menjadi barometernya sebab selama ini menjadi penyumbang devisa pariwisata terbesar.

“Ke depan Pak Menteri saya harap bisa mempertimbangkan agar Bali bisa kembali membuka akses wisatawan mancanegara atau internasional. Tentu kami ingin konsultasi dulu terkait pembukaan penerbangan mancanegara, sehingga kita bisa kembali membangkitkan pariwisata dengan tetap menaati protokol kesehatan,” harapnya.

Sementara itu, pemerhati pariwisata NTB, Taufan Rahmadi, mengatakan, penunjukkan Sandiaga Uno menjadi Menparekraf menggantikan Wishnutama oleh Presiden Joko Widodo, dirasa tepat. Hal itu menjadi angin segar bagi dunia pariwisata Indonesia.

“Langkah Pak Presiden Jokowi menunjuk Bang Sandiaga Uno jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, jelas angin segar bagi pariwisata Indonesia. Saya yakin dengan ditunjuknya beliau, tantangan-tantangan di dunia pariwisata dengan Covid ini, Insyaallah akan terjadi aksekarasi lebih cepat,” ujar Taufan dalam siaran tertulisnya, Rabu (23/12/2020).

Taufan yang juga menjabat Juru Bicara Sandi Uno Bidang Pariwisata, mengaku Sandiaga memiliki latar belakang yang cukup mumpuni untuk menggantikan Wishnutama. Dengan itu, diharapkan sejumlah tantangan di dunia pariwisata dengan lebih cepat akan fokus bisa ditangani. Sandiaga memiliki kemampuan terutama di bidang ekonomi dan industri kreatif.

“Dengan latar belakang beliau sebagai seorang ekonom dan seorang pelaku tourism juga, seorang yang sangat cerdas, punya analisa yang tinggi dan sangat inklusif, ya saya yakin ini bisa membangun sinergi kolaborasi dengan semua pelaku pariwisata di Indonesia,” jelasnya.

Taufan pun berharap dengan hadirnya Sandiaga Uno sebagai Menparekraf yang baru bisa mempercepat pulihnya dunia pariwisata Indonesia yang dihantam pandemi Covid-19. “Kami berharap nantinya di era Bang Sandi pariwisata Indonesia cepat pulih kembali,” tandasnya. gay/rul

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.