Mendag Bakal Jadikan Pasar Badung sebagai Percontohan SOP PeduliLindungi

Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi, saat mengunjungi Pasar Badung, Kota Denpasar pada Sabtu (25/9/2021). Turut mendampingi Wakil gubernur Bali, Wali Kota Denpasar, dan Bupati Bangli.
105 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Muhammad Lutfi, melaksanakan kunjungan kerja di Kota Denpasar pada Sabtu (25/9/2021). Dua lokasi menjadi sasaran kunjungannya yakni Pasar Badung dan Supermarket Tiara Dewata. Kedatangan Mendag Lutfi disambut Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Artha Ardhana Sukawati; bersama Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara; Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Artha; dan Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata.

Dalam kesempatan tersebut, Mendag yang juga didampingi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Syailendra, meninjau operasional pasar dan supermarket dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di Pasar Badung dan Supermarket Tiara Dewata. Mendag juga menyempatkan berbelanja sekaligus mengecek tera ulang di Pasar Badung.

Mendag Lutfi mengatakan, terdapat beberapa aspek yang ditinjau, mulai dari vaksinasi untuk pedagang dan pengelola pasar, stabilitas harga, dan daya beli masyarakat. Pihaknya berencana menjadikan Pasar Badung sebagai percontohan penerapan SOP PeduliLindungi di pasar rakyat bersama 14 pasar rakyat lainya di Indonesia. Hal ini guna mewujudkan kenyamanan penjual dan pembeli di masa pandemi.

Dia menjelaskan, pandemi masih belum bisa diprediksi kapan usai. Diharapkan masyarakat mulai bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. Oleh karenanya, penerapan SOP PeduliLindungi sangat penting di pasar rakyat. “Saya minta Pak Dirjen Perdagangan Dalam Negeri untuk menerapkan SOP PeduliLindungi. Kita akan coba di Pasar Badung minggu depan supaya kita bisa sama-sama memastikan Bali ini dapat memutus penyebaran pandemi dan kegiatan ekonomi akan kita buka dan jalankan,” katanya.

Berkenaan dengan stabilitas harga dan daya beli masyarkat, Mendag menyebutkan bahwa harga di Pasar Badung cenderung stabil. Namun diakui bahwa daya beli masyarakat menurun. “Harga-harga di Bali aman terkendali, saya ucapkan terima kasih. Kita mau coba supaya lebih ramai lagi sehingga kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Wali Kota Jaya Negara megucapkan terima kasih atas kunjungan Mendag Muhammad Lutfi. Menurutnya, dari kunjungan ini dapat disimpulkan bahwa visi pemerintah pusat dan daerah sama untuk memulihkan Bali, baik dari sisi kesehatan dan perekonomian.

Jaya Negara menyambut baik keinginan Mendag untuk menerapkan SOP PeduliLindungi di pasar rakyat. Pihaknya pun siap untuk mengikuti arahan dalam mendukung penerapan SOP PeduliLindungi di Pasar Badung. “Pasar Badung kami kira sudah layak, dan saya siap mengikuti arahan Mendag, sehingga dengan optimalisasi langkah preventif pencegahan diharapkan dapat mendukung percepatan pembukaan pariwisata Bali yang bermuara pada geliat perekonomian,” katanya. 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.