Membahayakan, Kondisi Jembatan Pantai Cemara Lembar

1,774 Melihat

LOBAR, POSBALI.CO.ID – Kawasan Pantai Cemara merupakan salah satu objek wisata penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Lobar. Sayangnya, kondisi pantai yang berada di wilayah Kecamatan Lembar itu belum mendapat perhatian serius dari Pemda Lobar khususnya akses jembatan utamanya.

Jembatan Pantai Cemara Lembar

Jembatan tersebut merupakan akses satu-satunya masyarakat yang tinggal di dusun Cemara. Dan, tak hanya dilalui masyarakat setempat, jembatan tersebut juga menjadi ases utama wisatawan menuju pantai Cemara. “Kondisi Jembatan yang menuju Pantai Cemara di Desa Lembar semakin parah, sangat menghawatirkan bagi kami masyarakat yang bermukim di Dusun Cemara,” ungkap Sapoan, salah seorang warga Dusun Cemara, Minggu (24/11).

Menurut dia, jembatan yang menjadi akses satu-satunya warga Dusun Cemara ke Desa Lembar dan daerah lainnya itu sering terjadi kecelakaan. Bagaimana tidak, karena terbuat dari kayu dan paku, dibeberapa sisi sudah mulai longgar bahkan ada yang bolong dan keropos. “Yang paling sering itu pecah ban, karena banyak paku yang menonjol karena longgar,” ungkapnya lagi.

Kondisi Jembatan Pantai Cemara yang mulai keropos.

Pun dalam rapat dusun beberapa waktu lalu, masyarakat setempat mengeluarkan ancaman kepada Pemda Lobar. Jika tidak segera diperhatikan, masyarakat berencana akan menutup jembatan tersebut. “Masyarakat sudah lelah dijanjikan terus, entah dari dinas maupun dari para wakil rakyat. Hingga kini belum ada realisasi,” keluh warga lainnya.

Tak hanya menjadi keluhan warga sekitar, pengunjung yang sedang berlibur di kawasan Pantai Cemara itu pun banyak yang mengeluh. Karena jembatan itu terbuat dari kayu dengan dibeberapa sisi mulai lapuk, pengunjung khawatir jembatan itu jebol dan memakan korban.

Anggota DPRD Lobar, H. Sardian yang saat itu tengah melakukan kunjungan di kawasan Pantai Cemara mengaku telah mendengar keluhan masyarakat sekitar. “Untuk itu kami meminta kepada Pemda Lobar dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Dinas PU Lobar untuk segera meninjau kondisi Jembatan itu,” kata anggota dewan dari PDIP tersebut.

Tak hanya itu, dia juga meminta agar Pemda Lobar segera menyisihkan anggarannya di tahun 2020 untuk melakukan perbaikan terhadap jembatan itu. “Mumpung sedang dalam proses pembahasan anggaran, nampaknya masih ada celah. Kami akan sampaikan dalam rapat di lembaga. Ini tak bisa dibiarkan,” pungkas Politisi dari Lingsar tersebut. 033


1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.