Masuk Desa Adat Bualu Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

Penyekatan dan pemeriksaan pengendara yang masuk ke wilayah Desa Adat Bualu, Kuta Selatan, Badung belum lama ini.
281 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Guna mendukung upaya pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19, Desa Adat Bualu menerapkan kebijakan wajib vaksinasi bagi masyarakat yang hendak masuk ke wilayahnya dan menuju ke kawasan Nusa Dua. Setiap pengendara diminta menunjukkan sertifikat vaksin sebagai tanda telah mendapat vaksinasi. Di samping itu, pengendara juga wajib menunjukkan surat jalan.

Bendesa Adat Bualu, Wayan Mudita, menerangkan, pihaknya senantiasa rutin melakukan pemeriksaan warga di pintu masuk menuju Nusa Dua. Terutama terkait identitas, tujuan, dan juga sertifikat vaksinasi bagi mereka yang masuk ke wilayah Nusa Dua, khususnya di wilayah Desa Adat Bualu, Kuta Selatan, Badung.

Selain itu, pihaknya bersama satgas rutin melaksanakan pengawasan ketat, dengan melibatkan pecalang melalui kegiatan rutin patroli, termasuk mengedukasi masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan di pasar pagi yang ada di Bualu. “Prajuru rutin setiap pagi melakukan edukasi agar pedagang maupun pengunjung pasar pagi tetap menerapkan prokes, demi upaya untuk bisa memutus penyebaran Covid-19,” ujar Mudita, Kamis (22/7/2021).

Dari hasil pengawasan dan penyekatan di lapangan, pihaknya masih mendapati adanya masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi. Mereka diketahui merupakan warga luar Desa Bualu dan mayoritas dari luar Bali, yang jumlahnya mencapai 73 orang. Atas hal itu, Bendesa langsung melakukan pendataan dan menyurati tempat mereka bekerja agar mereka bisa difasilitasi untuk segera melakukan vaksinasi. Pihak desa adat juga mengirimkan email kepada perusahaan tempat yang bersangkutan bekerja agar nantinya tempat kerja mereka memberikan bukti kalau karyawannya sudah divaksin.

“Kami berikan mereka tenggang waktu untuk melakukan vaksinasi. Kalau mereka ingin dibantu untuk divaksin, kami akan koordinasikan hal itu dengan Satgas Covid-19 Desa Adat Bualu dan Kelurahan Benoa untuk difasilitasi untuk vaksinasi,” katanya.

Sementara itu, untuk masyarakat di lokal, vaksinasi diakuinya sudah mencapai hampir 90-95 persen. Meski sudah banyak divaksin, namun pihaknya berharap agar masyarakat tetap disiplin menerapkan prokes. Satgas Covid-19 Kelurahan Benoa yang bersinergi dengan Satgas Gotong Royong Desa Adat Bualu akan terus gencar melakukan pemantauan dan edukasi. gay

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.