Masih Ada Warga yang Tak Pakai Masker

Pelaksanaan razia penegakan prokes di wilayah Desa Kesiman Petilan, Denpasar, Rabu (4/11).
Pelaksanaan razia penegakan prokes di wilayah Desa Kesiman Petilan, Denpasar, Rabu (4/11).
1,619 Melihat

DENPASAR, POS BALI – Tim gabungan yang terdiri atas unsur TNI/Polri, Dishub, Satpol PP, Linmas, Satgas Gotong Royong Desa Kesiman Petilan menggelar razia penegakan hukum Pergub Nomor 46 Tahun 2020 dan Perwali Nomor 48 Tahun 2020. Razia protokol kesehatan (prokes) pada Senin (4/11) digelar di Simpang Empat Jalan Waribang, Jalan WR Supratman, dan Jalan Sulatri.

Perbekel Desa Kesiman Petilan, I Wayan Mariyana, mengatakan, dalam kegiatan tersebut, sebanyak 13 orang terjaring lantaran tidak menerapkan standar prokes dengan benar, baik tidak memakai masker maupun memakai masker namun tidak sesuai standar prokes. Sebanyak 10 orang pelanggar akhirnya diganjar denda sesuai Pergub Bali. Sementara tiga orang lainnya diberikan teguran simpati.

Dia menjelaskan, operasi yustisi penegakan hukum penerapan prokes di wilayah Desa Kesiman Petilan dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam tatanan kehidupan era baru. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengecek prokes kepada pedagang, pengendara, dan warga masyarakat saat berada di luar rumah. Kegiatan tersebut dikemas dengan melakukan pemantauan, teguran hingga sanksi denda dengan memberikan imbauan kepada masyarakat tentang prokes.  “Pelaksanaan penindakan ini tidak semata mengenakan denda, melainkan memberikan efek jera sehingga masyarakat dapat tergugah kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujar Mariyana seraya menekankan dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19 diperlukan kerja sama seluruh pihak.

Perbekel Kesiman Petilan menambahkan, dari pelaksanaan operasi yustisi ini tampak kesadaran masyarakat untuk menerapkan prokes saat berkendara yakni menggunakan masker, sudah mulai meningkat. “Selama pelaksanaan kegiatan kurang lebih dua jam, kami hanya menemukan 13 orang yang melanggar, dan yang lainnya terpantau sudah menerapkan dengan baik,” pungkasnya. 026/poll

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.