Mahasiswa PNB Laksanakan KKN PPM di Desa Peliatan

Beberapa mahasiswa PNB saat kegiatan KKN PPM PNB 2021 di Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar.
402 Melihat

GIANYAR, posbali.co.id – Mahasiswa Politeknik Negeri Bali (PNB) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) yang tersebar di beberapa wilayah di Bali. Salah satu lokasi KKN PPM PNB tahun 2021 dilaksanakan di Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar.

KKN PPM tahun ini bertema “Membangun Negeri dari Desa pada Masa Pandemi” dilaksanakan secara offline (luring dan online (daring). Kegiatan luring berlangsung pada 28 Juni – 2 Juli 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Selanjutnya kegiatan daring berlangsung tanggal 3 – 24 Juli 2021. Pelaksanaan KKN PPM PNB 2021 di Desa Peliatan diikuti 70 orang mahasiswa Diploma IV semester 8 yang terdiri dari 5 jurusan di PNB yaitu Pariwisata, Administrasi Niaga, Akuntansi, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro.

Sebelum terjun ke lapangan, para peserta mendapatkan pembekalan dari Direktur PNB, I Nyoman Abdi, S.E., M.eCom. Dalam pembekalan secara daring tersebut diharapkan para mahasiswa KKN PPM dapat membantu atau berkontribusi secara maksimal pada desa/kabupaten lokasi dilaksanakannya kegiatan KKN PPM. Direktur PNB menekankan bahwa pelaksanaan KKN PPM 2021 dimaksudkan untuk memberikan kontribusi kepada desa/kabupaten tempat pelaksanaan KKN PPM agar dapat membangun perubahan di era digitalisasi.

KKN PPM PNB 2021 di Desa Peliatan mendapatkan dukungan dari beberapa Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang sebelumnya telah melakukan kunjungan beberapa kali sebelum KKN PPM. Kunjungan tersebut bertujuan untuk berkoordinasi dengan pihak desa mengenai potensi hingga masalah yang dimiliki Desa Peliatan. Hasil survei tersebut ditemukan beberapa hal yang dapat dibantu pengembangannya oleh peserta KKN PPM PNB 2021.

Dalam pelaksanaan KKN PPM ini, ditemukan dua permasalahan penting yang berkaitan dengan pengelolaan sampah dan pendataan statistik desa sehingga disusun menjadi program kerja. Guna menangani permasalahan sampah, dibentuk suatu divisi khusus yaitu divisi manajemen pengelolaan sampah yang berfokus untuk menangani sampah dengan memberikan edukasi terkait pemilahan sampah organik dan nonorganik kepada masyarakat. Divisi ini sekaligus memberikan alat “PPK” (Pengepres Plastik Kering) dan bingkisan yang berisi handuk, hand sanitizer, masker, dan pamflet.

Selain itu, para peserta KKN PPM juga menangani pemasangan alat biopori. Alat ini berguna untuk menampung sampah organik yang nantinya diolah menjadi pupuk. Kerja bakti juga menjadi salah satu kegiatan dari divisi manajemen pengelolaan sampah yang dilakukan di Pura Dalem Alit Desa Peliatan. Dalam hal pendataan statistik desa, dibentuk divisi pendataan statistik desa yang bertugas untuk meng-input data UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) pada Google Form yang disediakan oleh pengurus desa dan membuat rekapitulasi dari hasil peng-input-an data tersebut.

Menurut Perbekel Desa Peliatan, I Made Dwi Sutaryantha, KKN PPM PNB 2021 ini bermaanfaat bagi masyarakat Desa Peliatan dalam segi lingkungan dan statistik desa. Dia menyampaikan bahwa program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa-mahasiswi PNB ini akan menjadi role model untuk pengembangan “Desa Cantik” (Desa Cinta Statistik) dan Desa Bersinar (Bersih, Sehat, Indah, dan Asri). 026

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.