Lulusan Humaniora Wajib “Genggam” Dunia Digital

981 Melihat
Dekan FIB Unud, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum, (kiri) berjabat tangan dengan calon wisudawan yang dilepas dalam Upacara Pelepasan Calon Wisudawan FIB Unud, Rabu (12/2).

DENPASAR, POSBALI.co.id – Penguasaan teknologi digital menjadi syarat utama untuk dapat eksis di era digital. Hal itu berlaku untuk semua kalangan, termasuk untuk sarjana yang fokus dalam ranah humaniora.

 

“Tantangan sarjana ilmu humaniora sesungguhnya sangat banyak, mereka rata-rata kurang tahu digital. Sementara, sekarang semuanya serba digital, semua pekerjaaan sudah mulai digital,” ungkap Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud), Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., kepada POSBALI.co.id usai melepas 83 orang calon wisudawan FIB Unud periode ke-135, Rabu (12/2).

Menyadari hal tersebut, lanjutnya, Unud sejatinya telah menyiapkan mata kuliah yang dapat mengasah penguasaan skill digital mahasiswanya. Mata kuliah yang dimaksud adalah Mata Kuliah Digital Society yang dirilis belum lama ini, dan mulai diambil oleh mahasiswa di semester genap 2019/2020.

“Saya berharap anak-anak yang lulus sekarang mampu dengan sendirinya menguasai digital, karena sekarang dokumentasi budaya sudah dengan digital, dokumentasi bahasa juga digital, analisis bahasa juga sudah digital dengan menggunakan big data. Akan sangatr baik jika hasil penelitian tidak berhenti sampai di sana (buku, red), tapi bisa (dihilirisasi) merambah digital,” terangnya sembari menegaskan peluang kerja di masa yang akan datang akan terus berlari menuju ke arah teknologi.

Terkait dengan capaian hasil belajar, pihaknya menilai lulusan yang dilepas pada Upacara Pelepasan Wisudawan ke-135 FIB Unud, pihaknya merasa puas, lantaran capaiannya relatif baik. Pada jenjang sarjana tercatat IPK rata-rata lulusan berada pada nilai 3,63, sedangkan pada jenjang magister IPK rata-rata tercatat ada pada 3,88, dan pada program doktor tercatat berada pada 3,75. 015

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.