Longsor dan Pohon Tumbang Terjang Tabanan

Hujan deras mengakibatkan tanah longsor dan pohon tumbang terjadi di beberapa tempat di Tabanan, Jumat (15/1/2021). Di antaranya terjadi di Banjar Dinas Munduk Gawang, Desa Belatungan, Kecamatan Pupuan.
376 Melihat

TABANAN, posbali.co.id – Bencana alam tanah longsor dan pohon tumbang terjadi di beberapa tempat di Tabanan, Jumat (15/1/2021). Penyebabnya adalah hujan deras yang mengguyur dalam beberapa hari terakhir.

Tanah longsor terjadi sekitar pukul 02.30 Wita, di abian milik Sri Bhagawan Putra Nata Nawewangsa Pemayun, Banjar Dinas Munduk Gawang, Desa Belatungan, Kecamatan Pupuan. Panjang lahan yang longsor sekitar tujuh meter dan lebar sekitar 12 meter. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” ujar Kapolsek Pupuan AKP I Ketut Agus Wicaksana Julyawan, yang juga sempat ke lokasi kejadian bersama anggotanya.

Sekitar pukul 05.00, terjadi akar pohon sukun yang sudah mati dan lapuk, hanyut tergerus air hingga mengakibatkan tanah longsor. Pohon mati tersebut di lahan kebun milik I Gusti Ngurah Putu Dana, di Banjar Tengah Semeton, Desa Marga Dajan Puri, Kecamatan Marga.

“Posisi batang pohon tumbang dan tanah longsor tersebut menghalangi jalan raya jurusan Geluntung-Marga. Namun, dari kejadian tersebut sudah ditangani BPBD Tabanan bersama TNI-Polri dan masyarakat setempat,” ujar salah seorang warga, I Ketut Nirta (50).

Sementara dari Pandak Gede, Kecamatan Kediri, juga terjadi tanah longsor, tepatnya di Banjar Pangkung. Tanah longsor mengakibatkan saluran air di Subak Gadon 1 tersumbat. “Diperkirakan karena hujan kemarin, dan baru diketahui tadi pagi. Selanjutnya, warga turun ke lokasi dan bekerja untuk memperbaiki, supaya air bisa mengalir seperti biasa,” ujar seorang warga setempat.

Senderan di bagian utara Setra Gandamayu Desa Adat Marga, di jalan masuk menuju ke Pura Dalem Gede, juga longsor. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.00 Wita. “Senderan yang longsor sekitar 10 meter, tapi tidak sampai mengganggu akses jalan masuk menuju ke Pura Dalem,” ujar Bhabinkamtibmas Desa Marga, Aiptu I Ketut Sudilaksana.

Sementara pohon dau milik laba Pura Pucak Empelan Dalem Semeru, di Banjar Umadiwang Kangin, Desa Batannyuh, Kecamatan Marga, tumbang, sekitar pukul 03.30. Posisi tumbang pohon tersebut menghalangi jalan jurusan ke Subak Blusung. Sekitar pukul 06.30 Wita, dilakukan pembersihan yang dipimpin Kapolsek Marga AKP I Nyoman Suadi, yang juga melibatkan petugas dari BPBD dan PLN Tabanan. gap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.