Loket DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu Dilalap Si Jago Merah, Kerugian Ditafsir Ratusan Juta Rupiah

ist/kondisi bangunan DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu pasca dilalap si jago merah
384 Melihat
MANGUPURA, POSBALI.co.id – Salah satu bangunan yang berlokasi di dekat akses pintu masuk DTW Kawasan Luar Pura Uluwatu, Selasa (15/4) dilalap si jago merah. Bangunan yang diketahui merupakan lokasi loket penjualan tiket tersebut hangus terbakar sekitar pukul 10.30 Wita. Untuk memadamkan kobaran api, petugas Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Kabupaten Badung menerjunkan 2 armada Damkar unit BPG Desa Pecatu dan 1 mobil pam. Upaya pemadaman sendiri memakan waktu sekitar 60 menit, dibantu pula oleh TNI, kepolisian, serta masyarakat setempat.

Kepala Diskarmat Badung Wayan Wirya dikonfirmasi via telepon menerangkan, bangunan yang terbakar tersebut merupakan pos tiket utara yang memiliki luas 15 m2. Bangunan tersebut merupkan milik dari pengempon pura Uluwatu. Kebakaran tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 10.30 Wita dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.00 Wita.

Terpisah, Kapolsek Kutsel, AKP Yusak Agustinus Sooai menerangkan kebakaran tersebut tidak menelan adanya korban jiwa. Diduga pemicu kebakaran tersebut disebabkan adanya konsleting listrik, yang kemudian menimbulkan percikan api dan kemudian melalap bangunan. Adapun barang-barang yang ikut terbakar dalam bangunan tersebut berupa sebuah komputer, sebuah dekonder Wifi BPD, satu unit AC, satu buah dispenser, 2 Unit alat transaksi tiket dari BPD, satu unit HT dan Carjer, satu unit HP coker BPD, satu buah meja kasir, kotak tempat selendang/sarung beserta isinya, dua buah kursi kayu dan meja, 3 buah garis line, satu buah papan petunjuk, satu buah denah areal Uluwatu, satu kit perlengkapan P3K dan 2 unit CCTV. “Total kerugian diperkirakan sekitar lima ratus juta rupiah,”terangnya.

Sementara Bendesa Adat Pecatu, Made Sumerta ‘bom-bom’ menerangkan, pasca kebakaran tersebut pihaknya sudah langsung menggelar upacara Ngulapin Durmangala pada sore hari, yang dihadiri oleh Puri Jero Kuta. Pihaknya mengaku akan segera merehab bangunan tersebut, sambil berkoordinasi dengan pengempon puri Jero Kuta, untuk kedepannya bangunan tiket tersebut mengadopsi sistem e-tiketing. “Mumpung kita rehab jadi skelian saja kita rancang untuk penerapan e-tiketing. Itu hasil kesepakatan rapat yang kita lakukan tadi,”ujarnya. 023

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.