Kunjungan ke Sangeh dan Taman Ayun Masih Berkisar Puluhan Orang per Hari

Suasana di Objek Wisata Alas Pala Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung.
35 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Kunjungan objek wisata mulai merangkak ke arah peningkatan setelah dibuka September 2021 lalu. Namun demikian, kunjungan masih dua digit alias puluhan.  Demikian diakui Manajemen DTW Alas Pala Sangeh, Made Mohon.

“Kunjungan per hari 50 orang, biasanya hanya wisatawan domestik dan lokal Bali saja, kalau wisatawan asing belum ada,” ujar Mohon saat dikonfirmasi Minggu (10/10/2021).

Menurutnya, jumlah kunjungan wisatawan saat ini sangat rendah jika dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Bila dibandingkan kunjungan saat sebelum pandemi dapat mencapai ribuan orang per hari. “Sudah mulai ada kunjungan tapi tidak banyak, kalau dulu musim liburan sampai ribuan,” sebutnya.

Akibat sepinya kunjungan wisatawan, Mohon mengaku sempat kesulitan memberikan pakan monyet yang merupakan satwa asli. Pengelolah sempat membuka donasi mengantisipasi karakter asli monyet kembali muncul. “September kemarin kami sudah mendapatkan donasi yang cukup besar dari Kementerian BUMN, jumlahnya Rp150 juta. Kira-kira untuk 10 bulan kedepan sudah cukup, tapi kalau ada yang masih mau memberikan donasi kami terima,” bebernya.

Hal senada juga disampaikan oleh Manajer Operasional DTW Taman Ayun, Made Suandi. Bahkan jika dilihat dari data September 2021, kunjungan per harinya paling banyak mencapai 40 orang. “Kalau dihitung rata-rata hanya mencapai 25 orang per hari,” ucap Suandi.

Lebih lanjut Suandi menjelaskan, menjelang dibukanya penerbangan internasional pihaknya sudah cukup siap menerima wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan penerapan protokol kesehatan dari sarana dan prasarana, seperti alat pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan, dan handsanitizer.

“Selain kesiapan prokes kami juga sudah memiliki QR Code PeduliLindungi, dengan jumlah maksimal wisatawan yang bisa masuk sebanyak 100 orang. Kalau tiket juga sudah siap tinggal menunggu wisatawan datang,” ujarnya. 020

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.