Koster Raih Top Pembina BUMD 2021, Sukses Bina BPD Bali, Direktur Utama ‘Kecipratan’ Penghargaan

Gubernur Koster (tengah) berfoto bersama dengan Komisaris Utama BPD Bali, IB Putu Redhi (kiri) dan Direktur BPD Bali, Nyoman Sudharma (kanan).
129 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Di tengah kesibukan menangani pandemi Covid-19, ternyata Gubernur Bali, Wayan Koster juga berhasil mengukir prestasi di kancah nasional. Gubernur asal Sembiran ini sukses meraih penghargaan katagori Top Pembina BUMD 2021 versi Majalah TOP Business bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Padjadjaran Bandung.

Tak hanya itu, berkat pembinaan dari Wayan Koster juga mengantarkan Top BUMD Awards 2021 **** BUMD BPD #Bintang 4 untuk PT Bank Pembangunan Daerah Bali. Bahkan, sang Direktur Utama, I Nyoman Sudharma juga kecipratan meraih penghargaan katagori Top CEO BUMD 2021. “Saya dapat juara sebagai pembina,” singkat Koster saat pengumuman Top BUMD Award 2021 di Ruang Rapat Gedung Gajah, Jayasabha, Denpasar, Jumat (24/9).

Komisaris Utama BPD Bali, IB Putu Anom Redhi mengungkapkan, kali ini mendapatkan tiga award sekaligus. Yakni Gubernur Bali sebagai pembina terbaik, Direktur Utama raih CEO terbaik, dan BUMD BPD Bali juga meraih terbaik. “Tentu ini tidak muncul seketika. Namun atas pembinaan yang bagus dari bapak gubernur serta kinerja seluruh jajaran BPD Bali, sehingga berhasil meraih awards top kinerja terbaik perbankan,” ungkapnya.

Dikatakan, prestasi ini juga tidak terlepas dari para pemegang saham sampai dengan kinerja seluruh divisi dan jajaran keluarga besar BPD Bali, serta dukungan para nasabah. “Terima kasih kepada para nasabah, masyarakat dan awak media yang telah mensupport kami,” lanjutnya.

Dia menambahkan, tujuan dan harapan penyelenggaraan Top BUMD ini, yakni membangun perekonomian Indonesia melalui percepatan pembangunan ekonomi Daerah, dengan meningkatkan jumlah BUMD yang kinerjanya paling Top di Indonesia. Selain itu, juga semakin banyak bermunculan BUMD hebat, yang terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan usahanya agar kinerja dan layanan terus meningkat, sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah maupun di tingkat nasional.

Sementara itu, Direktur Utama BPD Bali, Nyoman Sudharma menambahkan, BPD Bali telah kesekian kalinya berhasil meraih penghargaan. Bahkan hingga September 2021 ini, tercatat meraih 25 awards. Baik dari lembaga profesional, dan juga dari pemerintah. Salah satunya, kata dia, penghargaan dari Kementerian Keuangan. “BPD Bali meraih penghargaan debitur terbaik dari Kementerian Keuangan,” kata Sudharma didampingi Direktur Operasional, IB Gede Setia Yasa.

Sudharma menegaskan, pihaknya terus memberikan motivasi kepada seluruh jajarannya agar bisa melayani yang terbaik bagi masyarakat. Khususnya yang menjadi fokus, yakni UMKM. Kata dia, saat ini sudah tersalur 42 persen kredit usaha rakyat. Yaitu senilai Rp666 miliar. “Ini juga tak terlepas dari dukungan digitalisasi, OJK, BI dan seluruh pemenang saham yang memberikan motivasi sehingga kami terus bergerak,” ujarnya.

Dengan meraih penghargaan secara umum, lanjut Sudharma, Bank BPD Bali dinobatkan sebagai pemenang karena pencapaian kinerja yang baik. Selain itu, juga dinilai dengan kepemimpinan dan manajemen yang baik dan selaras dengan Visi BUMD. Bahkan di tengah pandemi, Bank BPD Bali terus melakukan inovasi dan perbaikan yang berkelanjutan serta berperan besar dalam pembangunan ekonomi di daerah. “Meskipun pandemi kami tetap berkomitmen demi memulihkan perekonomian di Bali sesuai visi misi pemerintah,” tandasnya.

Untuk diketahui, penilaian dalam awards ini dilakukan atas achievement (prestasi), improvement (perbaikan), dan contribution (kontribusi) yang telah dilakukan BUMD terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. Wawancara juga dilakukan terhadap para CEO dalam penentuan pemenang.

Hasilnya, dewan juri yang terdiri dari 10 profesor, beberapa doktor, praktisi dan konsultan bisnis, sebanyak 200 peserta lolos nominasi BUMD terbaik, dari 1150 BUMD yang sudah diseleksi awal. Di mana akhirnya, BPD Bali menyabet tiga penghargaan sekaligus. alt

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.