KONI Badung Bayar Kaul Babi Guling di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung

386 Melihat

MANGUPURA, posbali.co.id – Olahraga tidak terlepas dari kegiatan niskala dan sekala. Mentalitas atlet sering tergantung sejauh mana mereka yakin dengan kekuatan lain yang sering sulit dilihat dengan kasat mata.


Atas dasar itu, jajaran KONI Badung terdiri atas pengurus dan panitia Porprov di Tabanan melakukan upacara “mepanauran” (bayar kaul) babi Guling di Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung.
Ketua Umum KONI Badung semalam menjelaskan upacara itu dilakukan Sabtu Kliwon, tanggal 28 September lalu dipuput empat pemangku di Pura tersebut.


Nariana mengatakan, sebelum Porprov Tabanan tempo hari, semua panitia dan pengurus KONI Badung nunas ica ke pura tersebut, supaya kontingen Porprov Badung mendapat kekuatan secara niskala dari Tuhan Yang Mahaesa, khususnya Ide Bethara yang nyeneng di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung.


“Saya saat itu saya berjanji, jika sukses dalam Porprov berkaul ngaturang babi guling,” kata Nariana serius.
Badung keluar sebagai juara umum Porprov Tabanan melampaui target yang diinginkan. Untuk itulah kaul dilakukan dengan melakukan persembahyangan bersama.


Ia menjelaskan, dalam menghadapi berbagai kegiatan, KONI Badung selalu menyeimbangkan kegiatan sekala dan niskala, sebab hal itu memberikan kekuatan fisik dan non-fisik terhadap para atlet.


Ia mengakui, atlet sering terganggu dengan provokasi di luar nalar manusia, seperti tiba-tiba histeris massal di lapangan. “Jelas ini terjadi karena mentalitas atlet tidak stabil, di mana salah satu karena lemahnya pembinaan mental spiritual terhadap mereka,” kata Made Nariana, yang mantan Ketua PWI Bali itu. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.