Kodim Bangli Bangun Badan 850 Meter di Pengotan

Kodim 1626/Bangli melaksanakan Pra- TMMD untuk menyambut TMMD ke-112 dengan membuka akses jalan baru sepanjang 850 meter di Banjar Tiying Desa.
208 Melihat

BANGLI, posbali.co.id – Kodim 1626/Bangli melaksanakan Pra- TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) untuk menyambut TMMD ke-112 tahun 2021 ini. TMMD sedianya dijalankan oleh Kodim Bangli bersama masyarakat di Desa Pengotan, Kecamatan Bangli.

Penjabaran Pra-TMMD kali ini berbeda dengan Pra-TMMD sebelum pandemi Covid-19. Saat pandemi, kegiatan dilaksanakan dengan menaati protokol kesehatan. Masyarakat yang hadir diatur jumlahnya agar tidak menimbulkan kerumunan, dan sasaran yang dikerjakan berupa pembukaan badan jalan sepanjang 850 meter dengan lebar 5 meter.

Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf. I Gde Putu Suwardana, Jumat (3/9/2021) mengungkapkan, kegiatan Pra-TMMD kali ini dilaksanakan untuk mempermudah pengerasan jalan yang akan dibangun pada saat TMMD. Selain membuka akses jalan baru sepanjang 850 meter di Banjar Tiying Desa, Pra-TMMD di Desa Pengotan ini mulai mengerjakan senderan/DPT sepanjang 550 meter dengan tinggi rata rata 1,5 meter di sepanjang jalan yang baru dibuka tersebut.

Senderan di Banjar Tiying Desa itu, terangnya, dikerjakan anggota Kodim Bangli bersama masyarakat setempat. “Untuk mencapai target sasaran tersebut, kami menerjunkan sejumlah anggota Kodim Bangli untuk bekerja bersama masyarakat setempat demi segera menuntaskan pengerjaan senderan dimaksud,” jelasnya.

Dia berujar waktu pelaksanaan TMMD sangat terbatas, dan bila dikerjakan berdasarkan jadwal waktu yang ditentukan maka besar kemungkinan tidak akan selesai. Mengingat lokasi yang dikerjakan cukup sulit, dia memutuskan memulai sejak sekarang. Seluruh sasaran yang dikerjakan, baik sasaran fisik maupun nonfisik, jelasnya, merupakan hasil koordinasi dengan pihak pemerintah daerah. “Itu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, dan dalam perencanaan sampai diputuskan melalui proses pengusulan dari bawah,” ungkapnya.

Dandim berharap dari komunikasi dan kerjasama yang baik antara semua pihak itu, sasaran fisik dapat diselesaikan tepat waktu dengan hasil maksimal. Di samping itu, imbuhnya, kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat melalui kegiatan gotong royong ini diharap bisa memberi motivasi dan menjadi pelopor bagi masyarakat. “Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” katanya menandaskan. 028

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.