KMP Yunicee Tenggelam di Gilimanuk, Dilaporkan Beberapa Korban Meninggal

Inilah KMP Yunicee yang tenggelam di perairan Gilimanuk, Jembrana, Selasa (29/6/2021) malam.
126 Melihat

JEMBRANA, posbali.co.id – Kapal motor penumpang (KMP) Yunicee mengalami pecah lambung dan tenggelam di perairan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Selasa (29/6/2021) malam. Kapal yang berisi sejumlah penumpang tersebut saempat terseret arus yang cukup deras di Selat Bali.

Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adiwibawa yang dikonfirmasi terkait insiden tersebut membenarkan adanya kapal yang tenggelam. “Ya KMP Yunicee. Tadi yang jelas itu kapal mengarah dari Ketapang ke Gilimanuk, tapi untuk waktu pastinya sekitar pukul 19.30 Wita,” kata AKBP I Ketut Gede Adiwibawa saat dihubungi, Selasa malam

Adiwibawa belum bisa memberikan kronologi lengkap mengenai kejadian tersebut. Terlebih hingga saat ini pihak yang berwenang sedang mengatur keberangkatan kapal untuk evakuasi dan sebagainya.

“Belum ada informasi yang jelas memang pasti itu kapal itu tenggelam tapi untuk penumpang dan lain sebagainya belum dapat informasi. Kami ini masih dalam proses evakuasi penumpang yang ada di dalam,” ujar Adiwibawa dilansir dari laman detik.com.

Dia mengatakan seluruh unsur penyelamatan terjun langsung dalam proses evakuasi KMP Yunicee, seperti Basarnas, Brimob, Polair, dan anggota Polres Jembrana. “Yang jelas kapalnya tenggelam, cuma untuk penumpang dan lain-lain kami belum (tahu), kami masih fokus evaluasi,” terang AKBP I Ketut Gede Adiwibawa.

Secara tepisah, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Gede Darmada, membenarkan adanya musibah tersebut. “Benar musibah pelayaran terhadap KMP Yunicee yang terseret arus dan tenggelam di perairan Gilimanuk,” kata Darmada, Selasa (206/2021).

Ia mengatakan, KMP Yunicee merupakan kapal penumpang yang melayani rute penyeberangan Ketapang – Gilimanuk. Adapun panjang kapal 56,5 meter dengan lebar 8,6 meter. Pada saat kejadian kapal terbawa arus ke selatan dari Pelabuhan Gilimanuk. “Saat itu kondisi kapal miring dan langsung tenggelam di selatan Pelabuhan Gilimanuk. Tim Rescue Pos SAR Jembrana dan Buleleng bergerak menuju LKP Pelabuhan Gilimanuk,” jelas Darmada.

Hingga berita ini diturunkan, aparat gabungan tengah berupaya mengevakuasi penumpang KMP Yunicee. Sampai pukul 23.00 Wita, dilaporkan ada 6 orang yang menjadi korban jiwa atas peristiwa naas ini. Korban jiwa dilaporkan 3 orang pria dan 3 orang wanita yang meninggal dunia. Namun jumlah seluruh korban belum bisa dipastikan karena hingga berita ini diturunkan tim SAR masih berjibaku mengevakuasi korban dalam kapal yang tenggelam. Korban yang sudah berhasil dievakuasi segera dibawa ke Puskesmas Gilimanuk. 002/dbs

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.