KKN Unhi 2020 Resmi Ditutup, Laksanakan Berbagai Program di Tengah Pandemi

Penutupan KKN Unhi tahun 2020 ditandai dengan pelepasan tanda peserta KKN, Rabu (7/10).
183 Melihat

DENPASAR, posbali.co.id – Setelah berlangsung selama satu bulan, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar tahun 2020 resmi berakhir. Rektor Unhi, Prof Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S., menutup KKN pada Rabu (7/10) secara virtual, bertempat di kampus setempat. Hadir pula pada acara ini, Ketua Yayasan Pendidikan Widya Kerthi, Prof. Dr. Phil. I Ketut Ardhana, M.A, wakil rektor dan para dekan, serta perwakilan mahasiswa peserta KKN.

KKN Unhi tahun 2020 mengusung tema “Desa Kala Patra – Amerthaning Bhuwana” yaitu, memuliakan kehidupan berdasarkan tempat, waktu, dan keadaan. Tema ini erat kaitannya dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini. KKN Unhi tahun ini dilaksanakan secara virtual/daring. Mahasiswa melakukan program-program KKN di mana mereka tinggal.

Ketua Panitia KKN Unhi 2020, Ida Bagus Purwa Sidemen, S.Ag., M.Si, menyampaikan KKN tahun ini diikuti peserta sebanyak 573 orang yang terbagi dalam 58 kelompok dengan 58 dosen pembimbing dari enam fakultas.  “KKN pada tahun ini dilaksanakan lebih singkat dari pada tahun-tahun sebelumnya. Program kerja yang dilaksanakan merupakan program kerja individu/perseorangan, dengan tingkat penyelesaian cukup bagus. Artinya, sesuai dengan rencana yang dibuat, walaupun masih ada kendala,” jelasnya.

Program kerja yang dilaksanakan meliputi berbagai bidang pengabdian. Bidang kesehatan antara lain penyemprotan disinfektan, sosialisasi pentingnya cuci tangan dan pakai masker, pembagian handsanitizer, sosialisasi pencegahan Covid-19, penempelan poster pencegahan Covid-19 di tempat umum, pembagian masker kepada lansia dan pinandita, pembagian loloh kunyit dan pemanfaatan tanaman obat untuk imun tubuh. Juga berpartisipasi pada kegiatan posyandu.

Bidang ekonomi seperti pengembangan UMKM melalui e-commerce, penyuluhan pentingnya menabung dari usia dini, pelatihan pembukuan sederhana UMKM, pendampingan usaha ternak, pembuatan kartu stok barang untuk BUMDes, pelatihan digital marketing UMKM.

Program kerja dalam bidang lingkungan hidup, antara lain kegiatan pembersihan dan gotong royong, pemberian bibit tanaman obat, sayur mayur dan benih ikan. Bidang pendidikan, sosial, seni dan agama, seperti berpartisipasi majejahitan pada persiapan upacara di Pura Kahyangan Tiga, kursus singkat aksara Bali, penyerahan tong sampah, pelatihan menari dan menabuh, pelatihan dharma gita. “Bidang lainnya seperti membantu dan berpartisipasi pada kegiatan Satgas Covid-19 Desa, berpartisipasi pada program pemberian sembako, dan sebagainya,” imbuh Purwa Sidemen.

Rektor Unhi, Prof Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S.

Rektor Unhi, Prof Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S., mengucapkan terima kasih kepada panitia, dosen pembimbing, dan seluruh mahasiswa atas kontribusinya dalam pelaksanaan program KKN yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19. “Perencanaan dan pelaksanaan dari program KKN tahun ini, saya kira dari program-program yang direncanakan semua bisa dilaksanakan. Cuma tahun ini interaksi mahasiswa antar berbagai program studi secara langsung itu tidak ada. Tetapi dari segi efektivitas pelaksanaan saya kira cukup efektif,” ucapnya.

Menurut Prof. Damriyasa, dengan inovasi pada KKN tahun ini, ke depan bisa diciptakan model baru KKN yang mengkombinasikan offline dan online. Selain itu, Rektor menekankan pentingnya sinergitas dengan program pemerintah dalam pelaksanaan KKN sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat. “Setelah pandemi Covid-19 berakhir, kita perlu membuat inovasi-inovasi baru terkait dengan pelaksanaan KKN berikutnya, terutama terkait dengan kampus merdeka dan merdeka belajar. Ke depannya kegiatan-kegiatan yang merupakan program pengabdian kepada masyarakat bisa dikonversi menjadi kuliah kerja nyata,” katanya. 026

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.