Ketua Definitif DPRD Karangasem Belum Jelas

I Gede Dana
444 Melihat

KARANGASEM, posbali.co.id – Seiring pindah posisinya I Gede Dana dari Ketua DPRD Karangasem menjadi Bupati Karangasem terpilih, sampai sekarang belum ada kejelasan siapa yang akan menggantikannya sebagai nakhoda di parlemen. Yang pasti, pengganti Dana merupakan kader PDIP, karena jabatan Ketua DPRD Karangasem memang jatah partai pemenang Pileg 2019 tersebut.

Menurut informasi yang diperoleh, penetapan Ketua DPRD yang baru lebih dulu dibanding jadwal pelantikan Bupati Karangasem terpilih. Maksudnya, agar saat pelantikan Bupati tersebut pimpinan DPRD yang baru bisa mendampingi.

Ketua DPC PDIP Karangasem, I Gede Dana, yang ditanya masalah itu, Senin (11/1/2021) menuturkan, dia belum bisa memberi keterangan soal penetapan Ketua DPRD Karangasem yang baru. Alasannya, semua masih berproses di DPP PDIP. Selain itu, belum ada surat rekomendasi dari DPP.

Ya nanti kalau keluar rekomendasi dari pusat, baru kami bisa beri penjelasan yang pasti. Kalau belum ada, kami juga tahu kepastiannya,” ujar politisi kalem tersebut.

Sekretaris DPRD Karangasem, I Wayan Ardika, yang dimintai komentar juga mengatakan hal senada. “Belum ada masuk surat dari DPC PDIP. Mengenai mekanismenya, DPRD menerima surat tersebut untuk diproses lebih lanjut sesuai aturan,” sebutnya singkat.

Di kesempatan terpisah, Wakil Sekretaris Internal DPD PDIP Bali, Cokorda Gede Agung, yang dimintai komentar lamanya posisi Ketua DPRD Karangasem kosong, berujar partai sudah mengurus suksesor Gede Dana. Dia juga menyebut DPC PDIP Karangasem sudah rapat pleno, dan hasilnya diserahkan ke DPD untuk dibawa ke DPP. Sayang, dia tidak bersedia merinci lebih jauh apa hasil rapat pleno tersebut, termasuk siapa nama politisi yang diusulkan.

“Yang jelas orangnya ada. Kalau tidak ada, apa yang dibawa ke DPP?” ujar Cok Agung sekenanya, ditemui di ruang Komisi II DPRD Bali, kemarin.

Didesak siapa nama dimaksud, mantan Wakil Bupati dan Bupati Klungkung itu hanya angkat bahu sambil tersenyum. “Kalau ditanya siapa orangnya, saya hanya bisa bilang bahwa calonnya adalah orang yang sesuai dengan kriteria dan AD/ART partai. Berapa orang calonnya? Itu rahasia. Sudah, itu saja cukup. Wartawan ini mancing-mancing saja, nanti kalau sudah ada namanya kan pasti diberitahu juga,” sahutnya kalem seraya beranjak pergi. 017/hen

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.